Eco Masjid, Gebrakan DMI Gresik Jadikan Lingkungan Masjid Asri dan Bersih

Eco Masjid, Gebrakan DMI Gresik Jadikan Lingkungan Masjid Asri dan Bersih Ketua DMI Gresik bersama Kepala DLH Gresik, dan sejumlah pemateri workshop. FOTO: SYUHUD/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar Workshop Eco Masjid, di Gedung Putri Mijil, Kompleks Pendopo , Rabu (13/9/2023).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Sri Subaidah mewakili Bupati , Fandi Akhmad Yani, dengan peserta 32 perwakilan PC DMI dan PC Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) dari 16 kecamatan.

Acara menghadirkan sejumlah pemateri. Antara lain, Wakil Ketua Takmir Masjid Nurul Jannah yang juga SVP Mitra Bisnis PT Petrokimia , Eko Suroso, Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Kabupaten/Kota Sehat, Nur Yakin, Tiwi Santini dari Dinas Kesehatan (Dinkes) , serta Ketua Asosiasi Bank Sampah , Siti Fitriah.

Ketua PD DMI Kabupaten , Zainal Abidin menyatakan, Workshop Eco Masjid dengan menghadirkan sejumlah pemateri berkompeten di bidangnya, untuk memberikan pemahaman kepada para takmir dan pengurus lembaga terkait pengelolaan masjid dan lingkungan masjid yang baik.

Mulai kebersihan masjid, toilet, tempat wudu, serta kesehatan masjid, dan keasrian lingkungan masjid.

"Sehingga, masjid dan lingkungannya indah, nyaman digunakan untuk beribadah. Masjid-masjid di Kabupaten bisa ramah lingkungan," ucap Zainal kepada BANGSAONLINE.com.

Peserta workshop, kata Zainal, juga diberikan pemahaman soal pengelolaan sampah di lingkungan masjid. Selain untuk menjadikan masjid bersih dari sampah. Juga, sampah dimanfaatkan, sehingga bernilai ekonomis.

"Kami datangkan pemateri Ketua Asosiasi Bank Sampah , Ibu Siti Fitriah untuk memberikan pemahaman soal penanganan sampah yang baik, dan menjadikan sampah bernilai ekonomis. Sehingga, takmir masjid bisa mempraktikkan," tuturnya.

Zainal menyampaikan bahwa, masjid di yang terdaftar di DMI sebanyak 1.214 masjid.

Diharapkan, dengan adanya workshop ini para pengelola masjid seperti takmir bisa menjadikan masjid yang dikelolanya menjadi indah, nyaman dan asri. Sarana masjid seperti tempat wudu, toilet, kamar mandi, bersih, dan sehat.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO