Peneliti SMRC Sebut Basis Nahdliyin dan Branding Integritas Mahfud MD Perkuat Ganjar Pranowo

Peneliti SMRC Sebut Basis Nahdliyin dan Branding Integritas Mahfud MD Perkuat Ganjar Pranowo Menkopolhukam, Mahfud MD. Foto: Twitter

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Saidiman Ahmad selaku peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menilai Menkopolhukam, Mahfud MD, berpeluang mendampingi  Pranowo, calon presiden (Capres) dari . Selain itu, Mahfud juga dianggap bisa memberikan berkah elektoral bagi , terutama dari kalangan .

"Dari aspek sosiologi, Mahfud MD bisa memperkuat dukungan terhadap Pranowo, khususnya nahdliyin di wilayah asal Mahfud MD, yakni Jawa Timur," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (24/9/2023).

Menurut dia, Mahfud juga tokoh penting dan populer di kalangan . Tak dipungkiri, pria kelahiran Madura itu diterima cukup baik di kalangan kiai khos maupun .

Ia menambahkan, Mahfud juga ditopang rekam jejak yang baik saat menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) hingga kini duduk di kursi Menkopolhukam. Mahfud dikenal tegas dan bersih, rekam jejak positif yang panjang ini bisa memperkuat branding .

"Branding integritas ini penting. Karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional adalah integritas," tuturnya.

Potensi Mahfud menjadi Cawapres makin menguat setelah sejumlah nama seperti Menparekraf, Sandiaga Uno, tereliminasi. Apalagi melihat sejarah, ada kedekatan dengan , yang mana  cenderung mengambil tokoh sebagai bakal calon orang kedua di Pilpres. 

"Misalnya, di Pemilu 2019. Kiai Ma’ruf Amin akhirnya dipilih menjadi Cawapres Jokowi," ucapnya.

Alasan lain potensi besar Mahfud jadi Cawapres lantaran sudah punya tiket sendiri, sehingga partai berlambang banteng dengan moncong putih itu tak begitu memerlukan dukungan partai politik lain untuk mengusung pasangan sendiri. Kondisi ini membuat leluasa dalam menentukan calon dari luar partai politik. 

"Maka tokoh dari luar partai politik yang cukup kompetitif untuk menjadi Cawapres adalah Mahfud MD," pungkasnya.

Sebelumnya, tokoh Jawa Barat, KH. Abun Bunyamin mendoakan Mahfud MD di acara Halaqah Nasional Pengasuh Pesantren yang digelar Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (23/9/2023).

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO