Luncurkan Samsat ATM QRIS, Gubernur Khofifah Dorong Bapenda Jatim Terus Berinovasi

Luncurkan Samsat ATM QRIS, Gubernur Khofifah Dorong Bapenda Jatim Terus Berinovasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jatim mengadakan resepsi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61. Peringatan dihadiri langsung Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, Jumat (24/11/2023).

Peringatan HUT Bapenda juga ditandai dengan peluncuran Samsat ATM QRIS yang dilakukan Bersama-sama oleh Gubernur , Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono; Kepala Bappenda Jatim, Bobby Soemiarsono; Dirlantas Polda Jatim, Kombes Komarudin; serta Kacab Jasa Raharja, Thamrin Silalahi.

harus terus meningkatkan pelayanan publiknya dengan berbagai inovasi, salah satunya pembayaran QRIS. Inovasinya selalu ada, Bapenda. Dan dari Kemenpan RB, salah satu yang selalu mendapatkan apresiasi untuk inovasi publik," kata dalam sambutan peluncuran ATM QRIS.

Gubernur menegaskan, Bapenda sebagai sumber pendapatan Pemprov Jatim harus selalu berinovsi. Bapenda merupakan jantung Pemprov Jatim, untuk itu OPD yang lain harus proaktif juga untuk melakukan gebrakan untuk memaksimalkan pendapatan.

Kepala Bobby Soemiarsono mengungkapkan, QRIS yang merupakan inovasi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

"Kalau nanti membayar lewat Indomart, Alfamart, dan lain sebagainya, atau lewat transaksi aplikasi, maka akan dapat SMS untuk buka link, muncullah QR Code," kata Boby.

Pemilik kendaraan tidak perlu lagi mencetak bukti pajak kendaraan. Bisa langsung tersimpan di handphone. Kebiajakn itu sudah bekerjasama dengan kepolisian. Inovasi ini merupakan pengembangan Samsat 4.0 yang sejak awal sudah dilakukan tetapi dengan bentuk yang berbeda.

"ATM QRIS terbaru ini dibangun sendiri Unit Pengelolaan Bapenda. Softwarenya, database termasuk alat-alatnya dibuat sendiri oleh tim Samsat dan mesin ini tidak ada di pasaran. Khusus yang punya ," ujarnya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO