BPBD Jember Gelar Workshop untuk Jurnalis

BPBD Jember Gelar Workshop untuk Jurnalis Workshop yang digelar BPBD Jember untuk awak media.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar workshop bertajuk 'Jurnalis Tangguh Bencana', Senin (27/11/2023). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberi pelatihan kepada awak media saat melakukan peliputan bencana.

Agenda tersebut melibatkan 3 organisasi jurnalis, yakni PWI, AJI, dan IJTI. Kepala BPBD , Widodo, mengatakan bahwa workshop wajib dilakukan karena awak media kerap melakukan peliputan saat bencana.

"Jurnalis ini merupakan profesi yang memiliki risiko tinggi, apalagi soal peliputan bencana jadi bekal dasar minimal harus paham, mulai apa yang harus disiapkan dan lain sebagainya," ujarnya.

Selain itu, BPBD juga ingin bersinergi dengan jurnalis untuk urusan kebencanaan, mulai dari pemberitaan sampai saling tukar informasi saat ada bencana.

"Jadi saya ingin, kawan jurnalis juga terlibat saat ada bencana, contohnya mungkin bisa share informasi. Itu bisa mempercepat kami (BPBD) untuk melakukan tindakan," tuturnya.

Sementara itu, Anas sebagai salah satu peserta yang berasal dari salah satu televisi lokal di  mengaku workshop ini sangat bermanfaat, apalagi sangat berhubungan dengan profesi jurnalis.

"Ya jujur ini bermanfaat, karena ketia saya liputan bencana, selalu tidak siap peralatan, seperti masker, sepatu dan bekal obat-obatan, selama ini ada info berangkat begitu saja," ucapnya.

Setelah mengikuti kegiatan itu, Anas mulai paham bahwa melakukan peliputan bencana tidak asal datang ke lokasi, namun harus menyiapkan peralatan dan logistik untuk keselamatan diri sendiri. (aji/yud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO