Sekdakab Gresik Apresiasi BPJS Ketenagakerjaan Memperluas Cakupan Jamsostek Desa

Sekdakab Gresik Apresiasi BPJS Ketenagakerjaan Memperluas Cakupan Jamsostek Desa Sekdakab Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman, saat menyerahkan tropi kepada pemenang Nawakarsa Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Desa tahun 2023. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sekdakab , Achmad Washil Miftahul Rachman, mengapresiasi Ketenagakerjaan Cabang yang memperluas cakupan Jamsostek Desa. Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri penganugerahan Nawakarsa Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Desa 2023, Rabu (6/12/2023).

Nawakarsa Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada desa yang mendukung penuh pelaksanaan cakupan jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkup desa sesuai penilaian dan kriteria.

Achmad berterima kasih kepada ketenagakerjaan cabang karena terus mendorong dan mendukung terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Salah satu indikator dalam penilaian Nawakarsa Award Jamsostek Desa adalah. Tingginya kepedulian dan partisipasi aktif dalam mendorong terciptanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkup desa," tuturnya.

Sekda menyampaikan, ada kurang lebih 1.329 juta penduduk di Kabupaten . Dari jumlah itu, 4,61 ribu penduduk sudah mengikuti ketenagakerjaan. Ini sudah termasuk perangkat desa, RT, RW, tenaga honorer, dan pekerja rentan. Untuk itu, diperlukan support masing-masing desa demi kesejahteraan bersama.

"Mulai tahun 2022 akhir kita sudah mengakomodasi fasilitasi kesehatan melalui UHC (Universal Health Coverage). Mudah-mudahan tahun 2024 Universal Coverage Ketenagakerjaan sudah mencakup semua warga di Kabupaten ," paparnya.

Achmad menambahkan, tahun politik 2024 memiliki aktifitas tinggi bagi penyelenggara Pemilu yang ada di desa. Ia berharap kepada KPU, Bawaslu dan Kesbangpol dapat mensupport dengan ketenagakerjaan. 

Selain itu, untuk nelayan, kader KB Posyandu, penjaga makam, dan marbot bisa terakomodasi dengan kesehatan maupun ketenagakerjaan.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO