Ada Warga Melahirkan di Jalan, Apdesi Jember Geruduk Kantor Dinas Kesehatan

Ada Warga Melahirkan di Jalan, Apdesi Jember Geruduk Kantor Dinas Kesehatan Seorang ibu dari Jember yang melahirkan bayi di pinggir jalan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sejumlah kepala desa menggeruduk Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) . Massa aksi yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) itu menyuarakan tuntutan atas peristiwa seorang ibu dari Kecamatan Sumberbaru yang melahirkan bayi di pinggir jalan.

"Kami ingin menyuarakan soal ibu melahirkan di pinggir jalan beberapa hari yang lalu, dan meyampaikan beberapa aspirasi kepada Dinkes ," kata Ketua Apdesi , Kamiludin, kepada awak media, Kamis (21/12/2023).

Menurut dia, kejadian itu sangatlah miris lantaran seorang ibu yang terpaksa melahirkan anaknya di pinggir jalan karena ditolak Puskesmas Sumberbaru.

"Itu sudah keterlaluan, apalagi ada penolakan dari oknum di Puskesmas, ini jelas harus diusut tuntas," tegasnya.

Apdesi , lanjut Kamiludin, mendesak dinas terkait untuk segera mengusut tuntas dan mengatasi persoalan itu. Bahkan, ia meminta oknum yang menolak juga harus diberi sanksi tegas.

"Ibu melahirkan itu bukan masalah sepele. Risikonya tinggi, bisa membenyebabkan kematian, entah ibu atau pun bayi yang dikandungnya, ini perlu menjadi fokus dinas terkait ataupun Pemkab," paparnya.

Selain itu, ia menyampaikan agar kejadian serupa tidak terulang. Para kepala desa pun menyuarakan sejumlah tuntutan, seperti mengaktifkan kembali fungsi di setiap desa, serta menyederhanakan proses birokrasi di seluruh fasilitas kesehatan milik Pemkab .

"Para kepala desa pada intinnya tidak marah ke Dinkes . Tapi, kami meminta agar ini harus ditata lebih baik lagi, agar tidak ada lagi kejadian serupa. Salah satunya mungkin pengawasan di Puskesmas lebih diperketat agar tidak ada oknum yang semena-mena," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinkes , Hendro Soelistijono, mengatakan bahwa pihaknya akan turut mengawal peristiwa ibu melahirkan di jalan yang viral di media sosial.

"Kami (Dinkes ) akan berupaya untuk mengawal peristiwa itu. Saat ini masih dalam proses menggali informasi, serta akan terus meningkatkan pelayanan di daerah agar masyrakat tertangani dengan tepat," ucapnya. (aji/yud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO