Kabulkan Permintaan Warga, Bupati Kediri Gelar Pasar Murah di Desa Kayen Kidul

Kabulkan Permintaan Warga, Bupati Kediri Gelar Pasar Murah di Desa Kayen Kidul Pasar Murah di Balai Desa Kayen Kidul. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Warga di Desa/Kecamatan Kayen Kidul menyambut pasar murah yang digelar Pemkab melalui DKPP (dinas ketahanan pangan dan peternakan), Kamis (11/1/2024).

Pasar murah yang di balai desa setempat itu merupakan realisasi permintaan warga kepada Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, saat berkunjung ke Desa Kayen Kidul pada akhir Desember 2023.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan Mas Bup (sapaan lain Bupati ) saat me-launching pompa air listrik untuk pengairan, ketika dialog ada beberapa usulan warga salah satunya pasar murah," kata Camat Kayen Kidul, Sigit Rahardjo.

Dalam pasar murah itu, disediakan beberapa komoditas pangan, seperti beras SPHP sebanyak 5 ton, gula 500 kg, minyak goreng 250 liter, 100 kg terigu, serta beberapa komoditas lain. Selain menggandeng Perum Bulog dan beberapa pihak swasta, pemerintah daerah juga mengandeng pelaku UKM untuk ikut menjual beberapa aneka makanan, kue, bahkan pakaian hingga sepatu.

Antusias warga terlihat dengan ramainya stan penjualan di sana lantaran bahan pangan yang dijual jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran, seperti beras yang mencapai Rp13.500,00. per kg dijual Rp10.400,00. Khusus beras, stok langsung habis dan setiap pembeli dibatasi pembelian maksimal 10 kg atau 2 sak ukuran 5 kg.

"Masyarakat sangat puas karena permintaan mereka telah diperhatikan oleh Mas Bup," ucap Sigit.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Kayen Kidul, Bambang Agus Pranoto. Pihaknya mengaku berterima kasih atas respons cepat bupati terhadap permintaan warga. Selain pasar murah, ada permintaan warga yang juga langsung ditanggapi orang nomor satu di Kabupaten itu terkait dengan pengairan.

Menurut dia, masalah pengairan menjadi kebutuhan dasar petani di wilayahnya dan oleh bupati dibantu 4 unit sumur submersible. Kemudian, persoalan talud yang longsor telah dilakukan pengecekan tinggal menunggu realisasi pelaksanaan pekerjaan.

"Mewakili masyarakat saya sangat berterimakasih kepada Mas Bup. Beliau sudah kerso rawuh (datang) ke sini sehingga tahu kondisi masyarakat. Ketika Mas Bup rawuh ke sini semua teratasi," paparnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO