Entaskan Kemiskinan, Wakil Bupati Gresik Minta PKH Tepat Sasaran

Entaskan Kemiskinan, Wakil Bupati Gresik Minta PKH Tepat Sasaran Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (tiga dari kiri), saat pembukaan rakor PKH tahun 2024. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah meminta penyaluran program keluarga harapan () tepat sasaran. Pasalnya, selain untuk membantu warga kurang mampu, juga untuk mengurangi angka kemiskinan.

Hal tersebut diungkapkan ketika membuka rapat koordinasi dan rekonsiliasi inklusif tahun 2023, serta rapat rencana kerja Dinas Sosial (Dinsos) Gresik tahun 2024, Jumat (26/1/2024).

Di hadapan 131 pendamping , 18 tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), dan 20 anggota tanggap bencana (Tagana), ia menyebut memiliki korelasi langsung dengan tingkat kesejahteraan dan angka kemiskinan masyarakat di Kota Gresik.

"10 tahun terakhir, angka kemiskinan terendah di tahun 2023 yakni 10 persen di Kabupaten Gresik. Kita harus terus bekerja keras dalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gresik," tuturnya.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi di Gresik saat ini tertinggi di Jawa Timur sehingga menunjukkan adanya perputaran ekonomi yang luar biasa. Untuk itu, Aminatun berharap benar-benar menciptakan keluarga yang produktif.

"Pilar-pilar sosial juga harus memberikan motivasi kepada keluarga penerima. Perkuat koordinasi agar program kegiatan berjalan tepat sasaran," tutur perempuan yang karib disapa Ning Min tersebut.

Menurut dia, tantangan terkait data menjadi fokus untuk terus bekerja nyata dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, diperlukan adanya kolaborasi dan konvergensi antara dinsos, BPS, dengan para pendamping sosial.

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO