Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Kediri Tetap Terjaga

Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Kediri Tetap Terjaga Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch. Choirur Rofiq.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hasil Survei Konsumen Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada Januari 2024 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap perekonomian di Kediri terjaga dan tetap kuat.

Kepala Perwakilan , Moch. Choirur Rofiq, mengatakan bahwa hal tersebut tercermin dari indeks keyakinan konsumen (IKK) yang berada pada level optimis sebesar 127,00 (level >100).

"Optimisme konsumen tersebut didukung oleh keyakinan masyarakat terhadap prospek ekonomi Kota Kediri ke depan yang dipersepsikan masih membaik," kata Choirur Rofiq dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (1/2/2024).

Menurut dia, indeks kondisi ekonomi (IKE) pada Januari 2024 juga tercatat meningkat menjadi sebesar 108,33 dibandingkan Desember 2023 sebesar 107,33.

Kondisi tersebut didukung oleh peningkatan jumlah responden yang menyatakan bahwa tingkat ketersediaan lapangan kerja dan konsumsi durable goods (barang tahan lama) meningkat di bulan ini.

"Keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods terpantau meningkat, terutama pada responden dengan kategori menengah atas," terangnya.

Demikian pula dengan persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini yang terpantau meningkat, utamanya pada responden dengan tingkat pendidikan SMA dan diploma. Hal ini sejalan dengan tingkat penghasilan masyarakat yang terpantau masih optimis.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO