[HOAKS] Munir Sebut Prabowo Tidak Bersalah dalam Kasus Penculikan Aktivis 98

[HOAKS] Munir Sebut Prabowo Tidak Bersalah dalam Kasus Penculikan Aktivis 98 Cek Fakta: Aktivis HAM Munir menyebut Prabowo tak bersalah dalam penculikan aktivis 1998

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Beredar unggahan di media sosial X (twitter) dan Facebook yang bernarasikan jika Calon Presiden Subianto tidak terlibat dalam peristiwa penculikan.

Unggahan tersebut berisikan video berdurasi 58 detik. Wawancara aktivis Said Thalib, di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Berikut narasi yang menyertai video yang diunggah oleh akun @Ra_Ria_Rana:

“BAGI CEBI YG GAK MO KENAL SEJARAH,,,, ISUE HIM HUM ITU DAH BENER2 BASI YA,,,, WAWANCARA SEJARAH DENGAN ALM.MUNIR SEBULAN SEBELUM KEMATIAN BELIAU SOAL PRABOWO & 98,”

Penjelasan:

Video yang diunggah adala potongan video wawancara bersama Fadli Zon (juru bicara ) di acara Liputan6 SCTV tahun 1999.

Wawancara tersebut membahas keluarga Djojohadikusumo menuntut Pemerintah untuk membersihkan nama .

Namun, justru tidak memberi pembelaan dalam pernyataannya di wawancara itu.

meminta diadili di pengadilan untuk membuktikan bersalah atau tidaknya dalam kasus pelanggaran . Seperti penculikan aktivis pada 1997-1998.

“Ini yang dari dulu kita usulkan bahwa sudah seharusnya semua tuduhan itu harus dibuktikan oleh peradilan baru pemecatan, setelah oleh pengadilan dinyatakan orang salah atau benar,” kata .

Selain itu, menegaskan soal pentingnya proses peradilan.

“Kalau misalnya atau siapa tidak terbukti (bersalah), itu lebih baik di pengadilan. Kenapa sih  tidak ditarik aja menjadi saksi," ungkapnya.

“Saya yakin benar, ini kan persoalannya orang nggak tahu sebenarnya Pak itu benar nyulik atau tidak. Investigasi mengarah ke itu tapi dia sendiri kan nggak pernah ngomong. Berapa besar sih otoritas dia untuk melakukan itu sekian lama? Bagaimana otoritas di atas dia mengetahui tentang itu?," sebut .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO