Dua Matahari Muncul di Langit Sumatera Barat, Ini Kata BMKG

Dua Matahari Muncul di Langit Sumatera Barat, Ini Kata BMKG Tangkapan layar dari sosial media @ombak_ebay_mentawai yang menunjukkan dua matahari berada di Sumatera Barat, Kamis (22/2/2024).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Sosial media dihebohkan adanya fenomena munculnya dua matahari di langit kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dari video yang beredar melalui instagram @ombak_ebay_mentawai tersebut dengan narasi “Mataharinya ada Dua.. Tanda-tanda..” yang diposting pada Kamis, (22/2/2024) itu, terlihat dua matahari yang saling muncul berhadapan.

Selain itu, dua matahari yang berada di atas langit, terlihat cukup terang.

Kepala Stasiun Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengatakan, fenomena alam seperti itu dinamakan optikal atmosfer. Dimana terdapat dua jenis, diantara Halo Matahari dan .

Menurutnya, Halo matahari terlihat seperti pelangi yang mengitari seperti efek pelangi. Efek tersebut muncul karena adanya hujan tipis di atasnya.

Sementara, sundog muncul karena adanya pencerminan dari matahari akibat awan tinggi yang kemudian memantulkan sinar matahari.

"Seolah-olah sundog ini terlihat seperti ada dua matahari, tetapi yang sebenarnya hanyalah sebuah pantulan dari efek optikal atmosfer yang terjadi. Matahari itu tetap satu," tuturnya, mengutip merdeka.com, Jumat, (23/2/2024).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO