Panen Pisang Bersama Petani Millenial Lumajang, Khofifah Dorong Ekstensifikasi Lahan

Panen Pisang Bersama Petani Millenial Lumajang, Khofifah Dorong Ekstensifikasi Lahan

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum IKA Unair sekaligus Ketua Umum PP Muslimat NU Indar Parawansa melakukan panen pisang cavendish bersama petani millenial di , Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Sabtu (23/3/2024).

Total ada sebanyak 2 ton pisang cavendish yang dipanen hasil dari pengembangan para petani millenial Lumajang yang dikelola oleh Kelompok Tani Makmur pimpinan Jamaluddin.

Ditanam di lahan seluas 1 hektare, pengembangan pisang cavendish ini cukup sukses dengan hasil panen mencapai 8 ton - 20 ton setahun dan berhasil mengungkit ekonomi warga sekitar.

Dalam kesempatan ini, selain ikut melakukan panen simbolis, juga turun langsung menempelkan brand merk ‘Javafruit’ pada pengemasan pisang cavendish yang telah dipanen.

Secara khusus menyampaikan apresiasinya para para petani millenial yang getol mengembangkan sektor pertanian, terutama pisang di Kabupaten Lumajang. Pasalnya pisang menjadi komoditas yang sangat potensial untuk dikembangkan karena pasarnya sangat besar.

“Jatim ini petani millenialnya terbanyak di antara provinsi yang lain di Indonesia. Termasuk sekarang yang kita datangi adalah petani pisang. Maka pertama saya menyampaikan apresiasi atas dedikasi para petani millenial di sini,” kata .

Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini menegaskan market pisang sangat menjanjikan terutama jika secara kuantitas bisa tembus ekspor. Karena beberapa negara di Asia banyak yang membutuhkan pisang dalam jumlah besar. Terutama untuk jenis pisang uli dan jenis cavendish.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO