Kasus Demam Berdarah Meningkat Hampir Tiga Kali Lipat, Ini Cara Penanggulangannya Menurut Kemenkes

Kasus Demam Berdarah Meningkat Hampir Tiga Kali Lipat, Ini Cara Penanggulangannya Menurut Kemenkes Kasus Demam Berdarah Meningkat Hampir Tiga Kali Lipat, Ini Cara Penanggulangannya Menurut Kemenkes. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia meningkat drastis pada musim hujan ataupun pancaroba.

Menurut Kementerian Kesehatan () RI, kasus demam berdarah di Indonesia hingga Maret 2024 tercatat meningkat hampir tiga kali lipat dari jumlah kasus pada periode yang sama pada 2023.

"Update minggu ke-12 tahun 2024 jumlah kasus mencapai 43.271 dan kematian 343 jiwa," ujar Imran Pambudi selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM).

Imran menjelaskan bahwa pada Maret 2024 terdapat penambahan jumlah kasus DBD sekitar 4.809 kasus dari laporan yang muncul sepekan sebelumnya.

Sementara itu, laporan laju kasus pada Maret 2023 mencapai 17.434 kasus dengan jumlah kematian 144 jiwa.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi perminataan larvasida hingga insektisida untuk kebutuhan penanggulangan dengue.

"Kami sudah siapkan larvasida untuk mematikan jentik-jentik, kami siapkan insektisida kalau mau di fogging," jelasnya.

Menkes Budi menganjurkan masyarakat untuk melakukan penanggulangan demam berdarah dengan memberantas sarang nyamuk, misalnya menguras genangan air.

Selain itu, apabila mendapati warga yang memiliki gejala DBD segera melakukan rapid test atau dibawa ke rumah sakit terdekat.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO