Sidak ke Afco, Pj Bupati Jombang Janji Fasilitasi Pengurusan Izin UMKM

Sidak ke Afco, Pj Bupati Jombang Janji Fasilitasi Pengurusan Izin UMKM Pj Bupati Jombang, Sugiat, saat melakukan inspeksi mendadak.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, menggelar sidak atau inspeksi mendadak makanan dan minuman ke sejumlah toko, Jumat (5/4/2024). 

Sidak dipimpin , Sugiat, bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat di Afco Fresh and Frozen Food. Dalam kegiatan ini, menemukan beberapa produk yang tidak menyantumkan tanggal kadaluarsa, terutama pada produk milik warga sekitar ritel.

"Memang teman-teman dari itu kan, kalau ngurus perizinan kan, kadang-kadang butuh semangat dan motivasi lagi," tuturnya.

Dikatakan bahwa berjanji akan memfasilitasi para pelaku yang ada di Afco untuk melakukan pengurusan izin.

"Tapi tidak apa-apa, nanti kita sebagai pemerintah daerah harus kita bantu, karena di satu sisi kita kan memang memiliki kewajiban membina , namun demikian, dari sisi perizinan aturannya kan harus seperti itu, jadi ya kita bantu," ungkapnya.

Sementara itu, Manager Toko Afco Fresh, Yoga Septian, menyebut produk yang dijual selalu fresh dan selalu dalam kondisi terkontrol.

"Jadi produk yang kami jual tidak ada yang kadaluarsa, yang tertera di produk memang hanya tanggal produksi saja, karena itu memang produk dari di Jombang. Jadi standar kadaluarsanya produk frozen food itu 1 tahun dari tanggal produksi," paparnya.

Tak hanya itu, Yoga juga menegaskan bahwa untuk produk yang dijual di AFCO semuanya berizin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

"Sedangkan untuk izin BPOM, produk tersebut memang masih dalam proses. Dan memang AFCO menggandeng lokal, sebagai bentuk kepedulian terhadap ekonomi lokal," tuturnya.

Ia juga menjamin, bahwa produk yang dijual di AFCO terjamin kehalalan dan keamanannya. Ia berharap, tidak ada kesalahpahaman di masyarakat. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO