Kronologi Longsor di Kesamben Blitar, Tanah Timbun Kandang Ayam dan 4 Pekerja

Kronologi Longsor di Kesamben Blitar, Tanah Timbun Kandang Ayam dan 4 Pekerja Longsor di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten , Minggu (30/6/2024) sore. Video yang beredar memperlihatkan bahwa longsor menimpa sebuah kandang ayam pedaging, dan terdapat pekerja yang sedang memanen.

Beberapa orang terlihat mencoba mendekat ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan. Namun, material tanah kembali longsor hingga mendorong bangunan yang sudah rata dengan tanah. 

Warga yang berada di dekat lokasi kejadian pun sampai berteriak histeris agar area tersebut segera dikosongkan. Kepala Desa Bumirejo, Seswoyo, memastikan peristiwa itu dan menyebut longsor terjadi sore tadi.

"Tadi sore sekitar jam 4 ada tanah longsor, di bawahnya ada warga yang memanen ayam sayur. Longsor terjadi dari atas, terus warga ada yang menolong tapi terjebak disitu juga. Antara tiga sampai empat orang. Ini masih dilakukan pencarian," ujarnya saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, kondisi tanah di Desa Bumirejo memang seperti rawan longsor dan sewaktu-waktu bencana serupa bisa terjadi, baik sedang hujan maupun tidak.

"Sebelumnya (peristiwa) tidak hujan," katanya.

Kalaksa Kabupaten , Ivong Berttyanto, mengatakan saat ini sudah menerjunkan personel ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi, termasuk sejumlah peralatan yang dibutuhkan.

"Sementara kita langsung sterilkan lokasi, kita butuh cepat untuk menyelamatkan jiwa. Namun karena material tanahnya cukup banyak apakah butuh alat berat masih kita assesmen. Kita juga sudah diback up TNI dan Polri kami sudah komunikasi," paparnya. (ina/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO