PT Selecta Terapkan Program Wisata Bebas Sampah

PT Selecta Terapkan Program Wisata Bebas Sampah Peluncurran program wisata bebas sampah yang dilakukan PT Selecta.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - PT secara resmi menerapkan program wisata bebas sampah dan memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah. Program Zero Waste ini diresmikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur , Hariyanto, saat peluncuran yang berlangsung pada hari ini, Selasa (2/7/2024).

Dirut PT , Sujud Hariyadi, menyebut jumlah sampah organik dan non-organik di wilayahnya mencapai puluhan ton setiap bulan. Selama bertahun-tahun, pihaknya menggandeng DLH Kota Batu untuk mengelola pembuangan sampah dari taman rekreasi, hotel, dan restoran ke TPA, tapi menimbulkan beberapa kontroversi terkait tempat pembuangan sampah di Tlekung.

"Berdasarkan polemik yang terjadi di TPA Tlekung, memutuskan untuk mulai melakukan pemilahan sampah. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos atau pupuk organik lainnya, sedangkan sampah non-organik diambil oleh Desa Tulungrejo untuk diolah lebih lanjut," ucapnya.

Langkah ini, kata Sujud, diharapkan dapat membantu mengurangi dampak negatif dari jumlah sampah yang dihasilkan PT , serta memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar.

Dengan menerapkan program wisata bebas sampah yang pertama di Indonesia, ia menyatakan PT memperlihatkan komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah.

"Langkah ini juga sejalan dengan upaya global untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO