Sri Partiyah Harumkan Magetan dengan Penghargaan Kalpataru

Sri Partiyah Harumkan Magetan dengan Penghargaan Kalpataru Bupati magetan Sumantri didampingi Kepala BLH Bambang Setiawan menyerahkan penghargaan kepada Sri Partiyah dan beberapa orang aktivis lingkungan pada acara peringatan hari Lingkungan Hidup di kantor BLH, Kamis (20/08). (nanang ari/BANGSAONLINE)

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Magetan mendapatkan kado terindah dari salah satu warga Magetan, yakni penghargaan Piala Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk kategori Pengabdi Lingkungan.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sri Partiyah, warga desa Duwet Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. Sri Partiyah merupakan seorang bidan desa setempat yang menggerakkan warga desanya untuk peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Operasi Kembali Digelar, Satpol PP Magetan Temukan 101 Bungkus Rokok Ilegal

“Saya hanya terpanggil saja untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Kemudian saya ajak warga desa yang lain untuk membuat bank sampah, mengumpulkan sampah-sampah yang sudah dibuang dan tidak digunakan lagi untuk kita daur ulang,” kata Sri Partiyah usai mendapat penghargaan dari Bupati Magetan, Drs. H. Sumantri, MM di sela-sela acara peringatan Hari Lingkungan Hidup di kantor Badan Lingkungan Hidup Magetan, (Kamis 20 Agustus 2015).

Menurut penuturan warga desa Duwet, Sri Partiyah memang terkenal akan kedermawanannya sekaligus ringan tangan. Jika ada pasien melahirkan dari keluarga tidak mampu, Sri Partiyah tidak akan pernah memungut biaya persalinan sepeserpun.

“Bu bidan Sri Partiyah memang orangnya ringan tangan atau suka menolong. Beliau juga yang menggerakkan warga desa Duwet untuk peduli pada lingkungan,” ujar Bambang warga desa setempat.

Baca Juga: Antisipasi Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP Magetan Gelar Operasi

Bupati Magetan Drs. H. Sumantri, MM menyampaikan apresiasinya kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Magetan beserta timnya karena telah meraih penghargaan piala Kalpataru dari presiden Jokowi. “Saya juga menyampaikan apresiasi kepada sekolah-sekolah Adiwiyata, Bank-bank sampah yang sudah mulai berkembang serta para pasukan kebersihan dalam mewujudkan kota Magetan yang bersih, sehat dan hijau,” ujar Sumantri.

Sementara Bambang Setiawan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan menuturkan, untuk tahun 2015 ini, hanya Kabupaten Magetan dan Kota Surabaya saja perwakilan dari Propinsi Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan anugerah Piala Kalpataru. Bambang sangat mengapresiasi apa yang diraih masyarkat Magetan ini.

“Badan Lingkungan Hidup Cuma memfasilitasi saja. Inisiasi dan kepedulian masyarakat Magetan untuk menjaga kebersihan lingkungan mendapat apresiasi dari Pemerintah pusat hingga mendapatkan anugerah Piala Kalpataru. Kami mewakili Pemerintah Daerah kabupaten Magetan mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap lapisan masyarakat,” ujar Bambang Setiawan.

Baca Juga: Pemkab Magetan Gelar Peringatan Hardiknas, Pj Bupati Terkesan Gebyar Tari Massal yang Rancak

Dari sebelas kategori piala Kalpataru dari Presiden RI untuk individu dan kelompok, Sri Partiyah menjadi salah satu penerima penghargaan tingkat nasional di bidang kepedulian lingkungan tersebut. (nng/ndik/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO