MAN 1 Tuban Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2024 dari Kementerian LHK

MAN 1 Tuban Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2024 dari Kementerian LHK Kepala MAN 1 Tuban, Ahmad Hudan saat menerima penghargaan di acara Festival Adiwiyata Nawasena 2024

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tuban berhasil meraih prestasi Adiwiyata Mandiri 2024 tingkat nasional di acara Festival Adiwiyata Newasena 2024 di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Penghargaan bergengsi di bidang itu diserahkan langsung oleh , Nadiem Anwar Makariem dan Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya.

Baca Juga: Genjot Prestasi, SMKN 1 Tuban Ajak Wali Murid Sinergi

Kepala , Ahmad Hudan Mabruri, menjelaskan penghargaan ini diberikan pada sekolah atau madrasah yang berkomitmen dalam menciptakan lingkungan belajar yang bersih.

Dalam hal ini, sekolah selalu menjaga lingkungan yang hijau, ramah lingkungan, dan mampu mengintegrasikan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum.

"Alhamdulillah dinilai sukses tidak hanya dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tetapi juga melibatkan siswa, guru, dan masyarakat sekitar dalam berbagai program yang berkelanjutan," kata Hudan kepada wartawan.

Baca Juga: SMKN 2 Tuban Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Link and Match Pendidikan Vokasi

Hudan menambahkan, penghargaan yang diterima ini menjadi sebuah kebanggan dan pencapaian yang luar biasa.

Pasalnya, penghargaan Adiwiyata Mandiri ini adalah hasil kerja keras seluruh warga sekolah. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus berkomitmen menjaga dan meningkatkan kesadaran lingkungan.

"Baik, pada kalangan siswa maupun masyarakat, yang tujuannya demi mewujudkan masa depan yang lebih hijau," Hudan.

Baca Juga: Viral Kasus Bullying di Sekolah, Pemkab Tuban Dinilai Gagal Lindungi Hak Anak dalam Dunia Pendidikan

Sementara itu, Ketua Tim Adiwiyata , Hendriyani, menjelaskan penghargaan ini tidak terlepas dari program pengelolaan sampah berbasis daur ulang.

Program ini melibatkan seluruh siswa-siswi dalam memilah sampah organik maupun anorganik. Selain itu, mereka juga melakukan daur ulang bahan-bahan yang bisa digunakan kembali.

"Madrasah kita aktif dalam program pemilahan dan pemanfaatan sampah organik dan anorganik. Lalu, ada pula membuat eco enzim, aktif melakukan penanaman pohon, pemanfaatan lahan hijau, dan penghematan energi mendukung kegiatan madrasah," bebernya.

Baca Juga: Viral, Video Aksi Bullying Siswa SMP Negeri di Tuban

Sebagai informasi, penghargaan Adiwiyata tahun ini dibagi dalam tiga tingkatan. Yaitu Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota yang diberikan oleh Bupati atau Wali Kota, Penghargaan Adiwiyata Provinsi yang diberikan oleh Gubernur, dan Penghargaan Adiwiyata Nasional yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup. (wan/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO