Pj Bupati Pasuruan Sidak Pengerjaan Revitalisasi Alun-Alun Bangil

Pj Bupati Pasuruan Sidak Pengerjaan Revitalisasi Alun-Alun Bangil Pj Bupati Pasuruan, Nurcholis sidak Revitalisasi Alun-alun Alun Bangil

PASURUAN,BANGSAONLINE.com - Pj Bupati Pasuruan,Nurkholis melakukan inspeksi mendadak (sidak) memantau proses revitalisasi alun-alun bangil,Minggu (6/10/2024)

Didampingi beberapa pejabat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan dan Tim Konsultan Proyek Rehabilitasi Alun-Alun Bangil, ia fokus memantau sejumlah titik perbaikan yang mulai digarap sejak 17 September 2024.

Baca Juga: Pesan Andriyanto saat Tak Lagi Jabat Pj Bupati Pasuruan

Visitasi pada hari Minggu (6/10/2024) pagi tersebut dilakukan bersama beberapa pejabat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan dan Tim Konsultan Proyek Rehabilitasi Alun-alun Bangil.

"Nanti di dalam Alun-alun monggo bisa ditanami pohon peneduh. Tidak hanya bersifat penghijauan saja, tapi juga harus diperhatikan estetikanya. Jadi monggo nanti bisa dipilihkan jenis pohon yang bagus," pesan Nurkholis kepada Tim Konsultan Proyek Rehabilitasi Alun-Alun Bangil, Hari Santoso.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berupaya mempercantik Alun-alun Bangil. Perbaikan dilakukan dengan sinergi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti DLH.

Baca Juga: PT Megasurya Mas Beri CSR Beasiswa untuk 356 Siswa di Sidoarjo

Titik perbaikan berfokus di bagian luar Alun-alun Bangil sisi selatan dan sisi timur.

Adapun konsep yang saat ini masih dalam Tahap I, dari yang awalnya taman atau ruang terbuka hijau akan dirubah menjadi bangunan semi plasa dengan lantai berkeramik batu granit.

Baca Juga: Beras dari Dana CSR Bau dan Tak Layak, Warga Desa Roomo Gresik Demo Kades

Agar lebih asri dan rindang, nantinya akan dipercantik dengan beberapa tanaman hias dan pohon peneduh berukuran besar.

Sedangkan lokasi perbaikan di sebelah sisi timur Alun-alun Bangil akan dibangun Sentra Kuliner. Sekaligus akan disiapkan fasilitas air bersih dan pengelolaan limbah.

Pemugaran icon Ibukota Kabupaten Pasuruan tersebut tidak hanya berhenti disitu saja. Tidak jauh dari Sentra Kuliner nantinya akan dilengkapi dengan bangunan Mini Amphitheater.

Baca Juga: Puluhan PKL dan Tukang Becak Unjuk Rasa di Stasiun Kediri, Tuntut KAI Beri CSR dan Tak Seenaknya

Dalam pengerjaannya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan bermitra bersama Bank Jatim Cabang Pasuruan melalui program Corporate Social Responsibility ().

Sementara itu, berdasarkan data dari DLH Kabupaten Pasuruan, proses Alun-alun Bangil sudah berjalan sejak 3 pekan yang lalu, atau terhitung sejak tanggal 17 September 2024, sesuai dengan Surat Perintah Kerja (SPK).

Hingga saat ini, progres pengerjaan bangunan sekitar 10,76 persen. Targetnya akan rampung, maksimal pada pertengahan Desember 2024.(par/van)

Baca Juga: Ketua LSM Jimat Prihatin Bendera Merah Putih 17 Agustus di Alun-Alun Bangil Kusam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO