Jokowi Pulang Kampung saat Pelantikan Prabowo, Tapi Istana Pastikan Hadir, Mana yang Benar

Jokowi Pulang Kampung saat Pelantikan Prabowo, Tapi Istana Pastikan Hadir, Mana yang Benar Presiden Jokowi dan keluarganya. Foto: istimewa

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Pelantikan Presiden dan Wakil Prersiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilangsungkan pada Ahad 21 Oktober 2024 mendatang. Tapi Presiden Joko Widodo mengungkap pada tanggal 20 Oktober itu dirinya akan berangkat ke kampung halamannya, Surakarta, Jawa Tengah.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi usai meresmikan pembukaan BNI Investor Daily Summit di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (8/10) .

Jokowi mengaku akan langsung beristirahat sesampainya di kota kelahirannya itu.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," kata Jokowi sembari tertawa.

Saat ditanya apakah Jokowi akan menghadiri langsung pelantikan Prabowo-Gibran di DPR, ia membuka peluang untuk tidak hadir secara langsung.

"Ya, mungkin ndak," ujar Jokowi.

Tapi pihak Istana memastikan Presiden Jokowi akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di gedung MPR pada 20 Oktober. Jokowi sudah berkeinginan untuk hadir.

"Insyallah datang, jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan, so pastilah, Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Pratikno mengatakan Jokowi akan meninggalkan gedung MPR lebih dulu menuju Istana Merdeka. Setelah itu, Prabowo akan menyusul untuk acara pisah-sambut.

"Nah, karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah-sambut ya, jadi setelah pelantikan di DPR rencananya presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah-sambut," ujarnya.

Pratikno mengatakan tidak ada aturan kewajiban presiden datang ke MPR saat pelantikan presiden baru. Tapi sudah menjadi tradisi bagi presiden petahana hadir dalam pelantikan presiden baru.

"Jadi kalau aturan sih nggak ada, tapi selama ini kan juga hadir, pada waktu 2014 Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir, jalan dulu masuk kemudian disusul oleh presiden terpilih Pak Jokowi dan Wapres Pak Jusuf Kalla, biasa kan di depan seperti 2014 dulu, jadi ada presiden dan presiden terpilih, wapres dan wapres terpilih setelah pelantikan ganti posisi," kata Pratikno.

Seperti diberitakan, pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Ahad (20/10).

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, mekanisme pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan masih menggunakan aturan yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO