Ribuan Atlet dari Seluruh Indonesia Ikuti Kejuaraan Wushu di Kota Batu

Ribuan Atlet dari Seluruh Indonesia Ikuti Kejuaraan Wushu di Kota Batu Atlet peserta kejuaraan Wushu

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Ribuan atlet siap berlaga di di Gor Gajahmada yang diselenggarakan mulai 10 sampai 13 Oktober 2024.

Sebanyak 1159 peserta yang berasal dari 25 Kota dan Kabupaten di Indonesia berlomba memperebutkan juara dari tiga acara kejuaraan yang ada.

Baca Juga: ​Launching Majapahit's Warrior Underwater, Pj Gubernur Jatim Sampai Ikut Nyelam Letakkan Patung

Kejuaraan ini dibagi menjadi 3 acara utama. Yakni Kejuaraan Provinsi () Wushu , untuk Pelajar Tingkat Nasional, dan juga Veteran.

Dari total peserta, sekitar 800 atlet berpartisipasi dalam Wushu, dengan rincian peserta kategori Taolu sebanyak 409, lalu kategori Sanda sebanyak dan 171 atlet dalam kategori tradisional. 

Kejuaraan ini tidak hanya menampilkan kemampuan fisik, tetapi juga seni dan teknik yang tinggi dalam setiap gerakan.

Baca Juga: Optimalkan Capaian Kinerja dan Kelola Anggaran, Kakanwil Jatim Ajak Speed Up di Triwulan ke-4

Sementara untuk Pelajar Tingkat Nasional dan Veteran, tercatat sebanyak 359 peserta. 

Keberagaman kategori yang ada dalam kejuaraan ini menunjukkan perkembangan pesat cabang olahraga Wushu di Indonesia. Terutama di kalangan pelajar dan veteran.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Pj Wali , Aries Agung Paewai, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

Baca Juga: Kota Batu Bangga! Desa Tulungrejo Raih Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional

Ia mengapresiasi adanya kejuaraan ini, karena sebagai salah satu upaya untuk memajukan olahraga Wushu di Indonesia dan mengembangkan potensi atlet-atlet muda.

ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi antar atlet dan penggiat olahraga dari berbagai daerah. 

Baca Juga: Info BMKG Selasa 8 Oktober 2024: Jatim Mulai Hujan Ringan di Kawasan ini, Pantau Cuaca Surabaya

“Kejuaraan ini juga adalah ajang yang bagus untuk menunjukkan prestasi yang baik. Seperti keinginan kita, olahraga harus linier dengan pariwisata, olahraga dan ekonomi," kata dia.

Lanjutnya, Kegiatan ini luar biasa, selama tiga hari digelar pasti memberikan dampak ekonomi yang luar biasa untuk masyarakat, mulai dari menginap di hotel hingga kuliner.

Kegiatan ini menurut Aries merupakan salah satu kegiatan sport tourism yang dilaksanakan Pemkot Batu Bersama kota Batu dalam rangkaian hari jadi kota Batu yang ke 23. 

Baca Juga: Satpol PP Kota Batu Lakukan Pembersihan Sisa Lapak PKL di Jalan Sultan Agung

“Bukan hanya Wushu, tapi ada beberapa agenda lain yakni gulat, bridge hingga karate yang berskala nasional,” ujar Aries. 

Upacara pembukaan yang dilaksanakan Kamis (10/10/2024) sore ini dihadiri Ketua Jatim, M Nabil, Ketua Sentot Ari Wahyudi dan Wakil Ketua Pengprov Wushu Jatim sekaligus pelatih kepala Puslatda Wushu Jatim, Sherley. (adi/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO