​ Tawaddu’ Kiai, Mahfud MD Tetap Lihat Fakta di Lapangan

​  Tawaddu’ Kiai, Mahfud MD Tetap Lihat Fakta di Lapangan Mahfud MD hadir dalam pertemuan Kiai dan halaqah terkait bursa Capres-Cawapres di Pesantren Al Aziziyah Denanyar Jombang, Sabtu (19/4) malam. foto:mohammad syafii/BANGSAONLINE

JOMBANG (bangsaonline) – Para Kiai dari sejumlah Pondok Pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah menggelar pertemuan di Pesantren Al Aziziyah Denanyar Jombang, Sabtu (19/4) malam. Dalam pertemuan tersebut, para Kiai banyak yang menyuarakan agar Mahfud MD merapat kepada Prabowo Soebianto dalam bursa Calon Presiden - Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

Pertemuan para Kiai yang berakhir sekitar pukul 21.10 WIB tersebut belum menghasilkan rekomendasi final kemana arah dukungan para Kiai kepada Mahfud MD dalam bursa Capres-Cawapres. "Belum ada (yang direkomendasi), semuanya masih terbuka komunikasi dengan siapa saja," ungkap KH. Salahuddin Wahid, pengasuh pesantren Tebuireng Jombang, usai pertemuan.

Namun, lanjut Gus Sholah, sebagian besar para Kiai dari lintas daerah yang hadir dalam pertemuan tersebut cenderung mengarahkan agar Mahfud MD, berpasangan dengan calon presiden yang diusung Partai Gerindra, Prabowo Soebianto. "Kalau yang di dalam tadi, umumnya lebih condong kepada Pak Prabowo," katanya.

Sembari menunggu petunjuk dari para Kiai, Mahfud MD diharapkan terus intensif melakukan pendekatan dengan sejumlah fihak, terutama dengan Prabowo Soebianto. "Tetapi ini tidak menutup kemungkinan untuk terus berkomunikasi dengan siapa saja. dengan siapa saja masih ada peluang," tandas Rektor Unhasy Tebuireng Jombang ini.

Rekomendasi final dari Kiai dan Pengasuh Pesantren di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Madura, lanjut Gus Sholah, baru akan diputuskan pada Rabu (23/4) lusa. Pertemuan lanjutan para Kiai dari sejumlah pesantren rencananya di laksanakan di Pesantren Tebuireng Jombang. "Mudah-mudahan hari Rabu besok kita sudah mendapatkan gambaran konkrit," ujar Gus Sholah.

Kiai dan Pengasuh Pesantren yang datang di Pesantren Al Aziziyah Denanyar Jombang, pimpinan KH Aziz Masyhuri, untuk mengikuti halaqah terkait bursa Capres-Cawapres, masing-masing adalah, dari Jombang ada KH. Salahuddin Wahid, pesantren Tebuireng Jombang, KH. Hasib Wahab, Pesantren Tambak Beras, KH. Abdul Salam Sohib, PP Manbaul Ma'arif, Denanyar, serta KH. Abdurrahman Utsman, Pesantren Al Mubarok Tambak Beras.

Dari Kediri, datang KH Anwar Mansur, Lirboyo, KH. Anwar Iskandar, Pesantren Al Amin dan

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO