Dianggap Rawan, Air Terjun Sedudo Nganjuk Dibuka Lagi

Dianggap Rawan, Air Terjun Sedudo Nganjuk Dibuka Lagi SEGAR: Pengunjung mandi di bawah gerojokan air terjun Sedudo, kemarin (13/10). Foto: soewandito/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Nganjuk resmi membuka kembali obyek wisata air terjun Sedudo, paskalongsor, Juli lalu. Air terjun Sedudo dibuka kembali ditandai acara ritual siraman, awal bulan Suro kemarin. Meski demikian, Polres Nganjuk mengaku tidak merekomendasikan kawasan itu dibuka lagi hingga waktu tertentu.

Kabag Ops Polres Nganjuk, Kompol Sutono mengaku sempat terjadi alot antara kepolisian dan Pemkab Nganjuk terkait dibukanya kembali kawasan wisata ini. Hingga kini, pihaknya masih menyimpulkan kondisi Sedudo belum aman. "Kami memberikan rekomendasi untuk penutupan sementara hingga ada tim khusus yang berkompeten di bidangnya telah memeriksa kelayakan dinding tebing dan benda-benda di atas air terjun sedudo," ujarnya, kemarin (13/10).

Sementara, Bupati Nganjuk Taufiqurrahman menyatakan, jika ritual siraman itu pertanda awal dibukanya kembali kawasan air terjun Sedudo setelah hampir 3 bulan ditutup. "Siraman ini menjadi tanda dibukanya kembali kawasan air terjun Sedudo yang menjadi ikon wisata Kabupaten Nganjuk," katanya, saat pembukaan kembali Sedudo, di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

Bupati mengungkapkan, alasan dibukanya kembali Sedudo, karena banyak pengunjung yang ingin merasakan sensasi guyuran mandi langsung di bawah air terjun. "Mandi di Sedudo bikin awet muda,” tandasnya.

Terkait keamanan kawasan wisata ini, dia memerintahkan jajarannya untuk mengawasi bagian-bagian di sekitar tebing dan jalur air terjun yang di atas. Dia menyimpulkan, meski aman, Sedudo perlu diwaspadai. (dit/sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ke Wisata Watu Lawang, Menikmati Pemandangan Gunung Wilis dan Pegunungan Ngliman':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO