Ikut Peringati Haul ke-6, Dua Biksu Berdoa di Makam Gus Dur

Ikut Peringati Haul ke-6, Dua Biksu Berdoa di Makam Gus Dur Dua biksu saat berdoa di makam Gus Dur. foto: beritajatim

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan haul ke-6 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di pondok pesantren Tebuireng dihadiri ribuan santri baik dari Jombang maupun dari kota, Sabtu (26/12/2015). Haul didatangi wakil Presiden Jusuf Kalla, beberapa menteri, dan serta pejabat dan tokoh agama.

Menariknya, terdapat dua orang berkapala plontos mengenakan jubah yang juga datang ke pesantren Tebuireng. Dua orang tersebut berdoa secara khusus di makam Gus Dur. Telapak tangannya terkatup, matanya terpejam, mulutnya merapal mantra.

"Saya dulu berkawan sama Gus Dur. Saya juga tetangganya di Ciganjur," ujar Biksu Dharma Subo, tokoh agama Budha asal Pondok Labu Jakarta Selatan.

Dia mengatakan, Gus Dur merupakan sosok yang 'pinter, bener, dan kober'. Pinter dalam arti Gus Dur memiliki kadar intelektual di atas rata-rata. Sedangkan kober, lanjut Biksu, adalah sosok yang peduli. Gus Dur selalu turun tangan ketika ada permasalahan di tengah umat. Tanpa memandang suku dan agama.

"Sedangkan bener, Gus Dur selalu mengedepankan nilai-nilai kebenaran. Hingga saat ini kita masih merasa kehilangan sosok Gus Dur. Oleh karena itu, kita harus bisa menggali spirit Gus Dur," katanya. (jtc/rev)

Sumber: beritajatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO