Nonton Gerhana Matahari Cincin di Pantai Boom Banyuwangi

Nonton Gerhana Matahari Cincin di Pantai Boom Banyuwangi ?Pengunjung sengaja datang ke pantai Boom untuk melihat gerhana matahari cincin, dari mangkuk berisi air, Selasa 29 April 2014. foto:franciscus/BANGSAONLINE

BANYUWANGI (bangsaonline) – Selasa, 29 April 2014 pukul 13.25 wib, warga Banyuwangi dan sekitarnya bisa menikmati fenomena alam, matahari cincin. Meskipun tidak bisa melihat langsung bentuk cicin dari matahari, namun cukup puas. Karena pada siang hari itu, matahari berbentuk bulat dan sinarnya sangat sejuk untuk dilihat langsung.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, matahari yang berbentuk cincin ini akan bisa dinikmati oleh masyarakat di beberapa wilayah. Yang berdekatan dengan Banyuwangi, daerah yang terlihat langsung itu adalah Denpasar, yang terjadi sekitar pukul 14.25 wita.

Di Banyuwangi, hanya bisa dilihat dari bentuk matahari yang bundar, terang namun sinarnya tidak menyilaukan.

Seperti yang disampaikan Ratna Dwi Listi (17) warga Banyuwangi yang melihat di pantai Boom Banyuwangi. Ratna menyampaikan dirinya mendengar bahwa Selasa 29 April siang hari akan terjadi matahari cincin dari teman-temannya.

“Saya mendengar bahwa siang ini ada matahari dari teman-teman saya. Makanya saya tadi ketika orang-orang mengatakan bahwa mataharinya berbentuk aneh, saya langsung meminjam mangkuk kepada penjual makanan disini, dan saya bersama dengan keluarga saya melihat itu dari mangkuk berisi air,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Rindi Suwito (22) salah satu pengunjung pantai boom yang mengatakan dirinya melihat dengan mata telanjang, bentuk matahari yang sinarnya sangat sejuk. Bahkan menurut Rindi, bentuk matahari pada siang itu seperti bulan purnama.

Sementara itu, bulan yang terlihat dari pantai Boom Banyuwangi, mulai pukul 13.25 hingga pukul 13.40 wib. Namun pada pukul 13.40 wib, matahari sudah tidak bisa terlihat lagi lantaran tertutup awan yang cukup tebal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO