Masjid Al Mubarokah Kalijodo Akhirnya Ikut Dibongkar

Masjid Al Mubarokah Kalijodo Akhirnya Ikut Dibongkar Masjid Al Mubarokah Kawasan Kalijodo sebelum dibongkar pagi tadi (1/3). Kini bangunan tersebut sudah rata dengan tanah. foto: rakisa/ BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Satu-satunya bangunan yang sebelumnya masih tersisa di kawasan Kalijodo adalah Masjid Al-Mubarokah yang terletak di RT 07/ RW 10, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Selasa (1/3) pagi, masjid tersebut masih berdiri kokoh. Namun dalam waktu satu menit, sekitar pukul 15.30 WIB usai adzan ashar terakhir dikumandangkan, sebanyak empat alat berat mulai meratakan bangunan Masjid yang menjadi kenangan warga Kalijodo tersebut.

Keempat alat berat itu bergerak menghancurkan bangunan Masjid dari empat sisi bangunan yang letaknya bersampingan dengan gardu listrik.

Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi mengatakan, pembongkaran tersebut dilakukan lantaran kawasan masuk dalam kawasan ruang terbuka hijau (RTH).

“Di sini kan masuk RTH, kita juga sudah memberikan waktu kepada pengurus Masjid untuk membongkar sendiri Masjid, tapi sampai sore ini belum juga dibongkar, " kata Anas, Selasa (1/3) sore kepada wartawan disela-sela pembongkaran.

Anas mengaku, pihaknya akan memikirkan kembali mekanisme pembangunan ke depannya seperti apa. Apakah akan dibangun lagi atau tidak. "Kita lihat ke depan apa perlu dibangun yang baru atau tidak," katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan saat ini masih terlihat puluhan warga memadati bahu jalan, tepatnya Jalan Kepanduan II dan Jalan Tubagus Angke yang melewati Kawasan Kalijodo. Sejumlah pengendara juga tampak berhenti sambil menyaksikan kawasan Kalijodo yang sudah mulai rata dengan tanah tersebut, tentu hal ini menimbulkan kemacetan di sepanjang jalan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO