Tahapan Pilgub DKI Dimulai Akhir April

Tahapan Pilgub DKI Dimulai Akhir April

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memastikan bahwa tahapan awal pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 akan dimulai pada akhir April mendatang. Hal ini diungkapkan langsung Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno.

Ia mengatakan, tahapan itu dimulai dari persiapan regulasi, rapat koordinasi serta pembentukan panitia ad hoc tingkat kecamatan, kelurahan hingga RT/RW. Selanjutnya tahapan penyelenggaraan pada Agustus, yakni pengumpulan dukungan dan verifikasi untuk calon perseorangan atau independen.

"Dukungan berupa KTP bagi calon independen minimal harus mengumpulkan sedikitnya 532.213 KTP. Jumlah tersebut harus terkumpul paling tidak dari 50 persen wilayah Ibu Kota," kata Sumarno, Kamis (10/3) di Jakarta.

Dijelaskannya, penyerahan dukungan lebih awal dilakukan karena dalam tahapan verifikasi, yakni verifikasi secara administrasi dan faktual.

"Verifikasi administrasi itu kami ngecek jumlahnya sudah sesuai apa belum, dan harus tersebar di lebih dari 50 persen wilayah DKI, minimal di empat kota. Kemudian verifikasi faktual, kita mendatangi pintu per pintu warga yang memberikan dukungan," ungkapnya.

Dari hasil verifikasi faktual tersebut akan terlihat apakah bukti fotokopi KTP yang diserahkan calon independen sesuai fakta yang ada. Misalnya, pemilik KTP tidak tahu kalau KTP-nya dijadikan sebagai bukti dukungan kepada calon independen. "Akan kelihatan nanti bukti dukungan itu real atau tidak setelah nanti kita verifikasi faktual di lapangan," pungkasnya. (jkt1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO