Dindik dan Bappeda Gelar Seleksi Duta Sanitasi Tingkat SMP

Dindik dan Bappeda Gelar Seleksi Duta Sanitasi Tingkat SMP Serta Kepala Bappeda Ir Sumarno MM bersama Wakil Bupati Sujarno. foto: yahya ali/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Pendidikan Menegah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) dan Bappeda Ponorogo, menggelar Lomba Karya Tulis dan Poster, dalam rangka Pemilihan Duta Sanitasi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Selasa (26/04).

Sebanyak 24 siswa dari 6 sekolah peraih Adiwiyata tingkat SMP di Ponorogo, yaitu SMP 1 Ponorogo, SMP 3 Ponorogo, SMP 5 Ponorogo, SMP 1 Jetis, SMP 1 Kauman dan SMP 2 Balong berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Plt Dindik Ponorogo Dra Hj Tutut Erliana MPd menyampaikan, akan dipilih 5 karya tulis terbaik sebagai nominator. “Tujuan inti perlombaan ini adalah meningkatkan kepedulian sekolah terhadap sanitasi sehat, dan memberikan ruang ekspresi siswa SMP terhadap sanitasi,” ungkap Tutut Erliana.

Lomba karya tulis adalah porgram dari Kementerian PU Cipta Karya dan Tata Ruang, serta Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Provinsi Jawa Timur.

“Program ini adalah program berjenjang. Seleksi awal dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional. Nah, peserta terbaik dari ajang ini secara otomatis akan mengikuti seleksi di tingkat Jatim di tahun 2016,” ujarnya.

Ponorogo sejauh ini pernah menempatkan wakilnya di tingkat Nasional, atas nama Nabila Mochammad Ivan Adhyaksa P dan Akmal Dzakarida Putra, di tahun 2014 lalu.

Sementara Kepala Bappeda, Ir Sumarno MM mengatakan, Bappeda akan terus mengkampanyekan kepada seluruh masyarakat untuk berperilaku hidup yang sehat dan membuat sanitasi bersih.

Wakil Bupati Ponorogo Drs H Sudjarno MM mengatakan, ”Ponorogo harus menang di tingkat Provinsi, kita harus menjadi masyarakat yang berkemajuan, berbudaya dan religius, tentu saja hal ini dapat dicapai dengan kerja keras dan pembiasaan dari diri sendiri dan lingkungan.” (po2/jar/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO