Papuma – Ijen Disesaki Wisatawan, Penginapan Full Booked, Camping Ground pun Jadi

Papuma – Ijen Disesaki Wisatawan, Penginapan Full Booked, Camping Ground pun Jadi Pantai Papuma. foto: ist

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Libur panjang akhir pekan, benar-benar menjadi berkah bagi pengelola hotel dan tempat penginapan di dua lokasi wisata, dan Banyuwangi. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) dan Pantai Payangan sebagai primadona objek wisata pantai laut selatan di Kabupaten , benar-benar dipadati wisatawan. Begitu juga dengan Kawah Ijen di Kabupaten Banyuwangi. Ribuan pengunjung memadati selama liburan kali ini.

Koordinator Pengelola Pantai Papuma, Darwi, di , Jumat (6/5), mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Papuma meningkat selama libur panjang dibandingkan pada libur akhir pekan biasanya. "Jumlah pengunjung pada Kamis (5/5) sebanyak 2.000 orang, namun pada hari Jumat ini lebih sedikit dan diprediksi kunjungan akan meningkat lagi pada Sabtu (7/5) hingga Minggu (8/5)," tuturnya.

Pada libur akhir pekan biasanya jumlah wisatawan sebanyak 1.500 pengunjung dan pada hari normal sekitar 100-150 orang per hari. Sebagian besar pengunjung berasal dari luar Kabupaten seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Madura dan berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.

Menurut dia, sejumlah pondok penginapan yang berada di kawasan Papuma sebanyak 18 kamar juga sudah penuh sejak Kamis (5/5) hingga Jumat malam, bahkan mereka sudah memesannya sebulan yang lalu.

"Kami terpaksa menolak beberapa pengunjung yang hendak menginap pada Kamis (5/5) malam karena sudah penuh dan menyarankan ke hotel yang berada di Kecamatan Ambulu, namun wisatawan ingin menginap di Papuma dan solusinya kami sediakan tenda di camping ground," katanya.

Sejauh ini, kamar di pondok penginapan justru masih kosong untuk hari Sabtu (7/5) hingga Minggu (8/5). Namun diprediksi wisatawan lokal dari Kabupaten akan meningkat saat itu. "Tidak ada acara hiburan di Papuma selama libur panjang karena banyak wisatawan memang ingin menikmati pemandangan alam yang eksotis di Tanjung Papuma ," ujarnya.

Darwi mengatakan pihak pengelola juga menyiagakan sejumlah petugas di sekitar pantai untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena pengunjung tidak diperkenankan berenang terlalu jauh.

Sementara itu, Pantai Payangan yang dikenal dengan Teluk Love di Kecamatan Ambulu, Kabupaten juga dipadati pengunjung saat libur panjang akhir pekan. "Hampir setiap hari libur dan libur akhir pekan selalu dipadati wisatawan baik wisatawan dari maupun luar daerah," kata tokoh masyarakat setempat, Suto Wijoyo.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO