Pelayanan Puskesmas Bulu Dikeluhkan

Pelayanan Puskesmas Bulu Dikeluhkan Gedung Puskesmas Bulu. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bulu, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban dikeluhkan warga. Sebab, petugas kesehatan di puskesmas tersebut tidak melakukan pendampingan terhadap pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Koesma Tuban.

Seperti yang dialami, Subaedi (55) warga Dusun Sarigede, Desa Latsari, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (31/5), ia mengaku kecewa terhadap pelayanan puskesmas Bulu. Sebab, ketika istrinya sakit dan dibawa ke Puskesmas, petugas hanya memberikan surat rujukan untuk dibawa ke Rumah Sakit. Parahnya lagi, tidak ada satupun petugas kesehatan yang mendampingi istri yang mengalami sakit sesak nafas tersebut.

“Ketika meminta mengantarkan pakai ambulans, katanya itu khusus bagi pasien yang umum,” ungkap Subaedi.

Padahal, jarak Bulu sampai Tuban cukup jauh sekitar 45 kilometer. Subaedi pun akhirnya terpaksa menyewa mobil untuk membawa istrinya dirujuk ke RSUD tanpa pendampingan dari tenaga kesehatan puskesmas maupun peralatan medis selama di perjalanan.

“Ya sempat bingung juga dengan kondisi yang menimpa istri,” ujarnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr Saiful Hadi ketika dikofirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan jika terdapat pasien yang hanya diberi surat rujukan. Untuk itu, Saiful berjanji akan memberikan teguran pada kepala Puskesmas Bulu.

Berdasarkan keterangan kepala puskesmas, yang memberikan surat rujukan tersebut merupakan perawat sukuan tanpa konsultasi dengan dokter puskesmas. “Dan hari ini perawatnya langsung kami panggil,” ujar Saiful. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO