Jelang Lebaran, Harga Sapi Pulau Sepudi di Situbondo Melonjak, Permintaan Meningkat

Jelang Lebaran, Harga Sapi Pulau Sepudi di Situbondo Melonjak, Permintaan Meningkat Sapi Sepudi saat diturunkan dari atas perahu di pelabuhan Kalbut. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016, harga Sepudi Madura di Situbondo melonjak naik. Kenaikan berada di kisaran 30 sampai 35 persen. Diperkirakan harga sepudi akan terus mengalami kenaikan hingga lebaran tiba. Begitu pula dengan permintaan asal Pulau Sepudi Sumenep ini juga terus meningkat.

Untuk harga yang berukuran besar, sebelumnya dipatok Rp 7 juta per ekor. Kini, naik menjadi Rp 10 juta per ekor. Sedangkan untuk ukuran sedang saat ini harganya Rp 7 juta. Padahal, sebelumnya harga yang berukuran sedang hanya dipatok Rp 4 juta per ekor.

Sementara harga yang berukuran kecil ditetapkan Rp 4 juta sampai 6 juta. Sebelumnya harga yang kecil dipatok Rp 3 juta. Kenaikan harga tersebut diduga kuat karena menjelang Hari Raya Raya Idul Fitri.

"Untuk saat ini mengalami kenaikan sekitar 30 sampai 35 persen mas, yang berukuran besar harganya 10 juta yang sedang 7 juta sedangkan yang kecil 4 juta sampai 5 juta," kata Matlani pedagang Sepudi saat ditemui di tempat karantina Pelabuhan Kalbut, kamis (23/6)

Pantauan BANGSAONLINE.com, aktivitas pembongkaran hewan ternak berupa Sepudi Madura dilakukan di pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, bongkar muat ini dilakukan setiap satu minggu satu kali. Ternak yang tiba di pelabuhan kalbut dikirim menggunakan perahu dari pulau Madura untuk diperjual belikan di sejumlah pasar yang ada di Situbondo.

Ada sekitar 60 ekor yang diturunkan dari atas perahu. Uniknya diturunkan dengan cara dilempar ke laut sehingga pun berenang sambil digiring oleh seseorang menuju daratan, kemudian itu dibawa ke tempat karantina hewan yang tempatnya tidak jauh dari pelabuhan.

Sapi- tersebut kemudian disiram dengan air tawar dan dikarantina serta menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan tersebut tidak terkena penyakit, sebelum dibawa ke sejumlah pasar hewan yang ada di Situbondo.

"Kita siram dulu untuk menghilangkan air lautnya, terus diperiksa kemudian dibawa ke pasar mas. Diperkirakan harganya ini akan terus naik mas, biasanya nanti kalau sudah memasuki H-7 sampai H-2 hari raya Idul Fitri," terang Matlani. (stb1/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO