Sabtu, 17 April 2021 17:22

​Istikmal, Menag Tetapkan Idul Fitri Rabu 6 Juli, Presiden Salat Id di Padang

Senin, 04 Juli 2016 22:38 WIB
​Istikmal, Menag Tetapkan Idul Fitri Rabu 6 Juli, Presiden Salat Id di Padang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers mengumumkan penentuan 1 Ramadan usai sidang itsbat awal bulan Ramadan 1437 H di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, 5 Juni 2016. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menetapkan Idul Fitri 1437 Hijriah 1 Syawal pada Rabu, 6 Juli 2016. Menurut Lukman, berdasarkan laporan dari semua pihak yang berwenang belum ada laporan terlihatnya hilal.

”Sehingga Ramadan diistikmal, digenapkan, menjadi 30 hari dan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers di kantor Kementerian Agama RI, Senin malam, 4 Juli 2016.

Ia mengatakan sidang isbat diawali dengan paparan Tim Hisab-Rukyat Kementerian Agama. "Paparan tentang posisi hilal saat ijtimak atau konjungsi pada sore tadi. Konjungsi yang terjadi beberapa menit setelah maghrib adalah peristiwa saat matahari dan bulan berada segaris di bidang ekliptika yang sama," kata Lukman.

Dalam paparan tersebut, menurut Lukman, posisi hilal dirukyat. "Apakah terlihat atau tidak," kata Lukman. Jika hilal terlihat sore nanti, tegas Lukman, malam nanti kalender telah memasuki bulan baru. "Yakni 1 Syawal 1437 Hijriah," tuturnya.

BACA JUGA : 

Dikritik Soal Doa Lintas Agama, Menag Yaqut Akhirnya Bilang Begini di Tulungagung

Larangan Mudik Berdampak Pada Pengusaha Agen Tiket dan Asongan Terminal Ngawi

Tarawih dan Salat Idul Fitri Diperbolehkan, Mudik Dilarang, Khofifah: Tolong Patuhi Aturan ini

Ketua Umum Ansor Jadi Menteri Agama, Ansor Surabaya: Menteri Keren

Namun, menurut Lukman, Ramadan tahun ini akan digenapkan menjadi 30 hari. "Berarti besok Selasa masih harus puasa. Lebarannya jatuh pada Rabu," kata Lukman menjelaskan.

Lukman menegaskan, setelah paparan usai, sidang isbat akan dimulai. Adapun sidang isbat tersebut akan diikuti para ulama, pakar astronomi, Majelis Ulama Indonesia, organisasi masyarakat Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Meteorologi dan Geofisika, serta Badan Informasi Geospasial.

Sementara Presiden Joko Widodo memilih untuk tidak menunaikan ibadah salat Id di kampung halamannya. Pria kelahiran Surakarta tersebut berencana salat Id di daerah lain.

"(Salat Id) di Padang," kata Jokowi saat ditanya di Desa Sangiang Tanjung, Lebak, Banten, Senin (4/7/2016).

Saat wartawan bertanya soal alasan dipilihnya Padang untuk berlebaran hari pertama, Jokowi hanya menjawab singkat. "Karena di Sumatera Barat," jawab Jokowi berkelakar kemudian tersenyum.

Belum diketahui apa saja agenda Jokowi di Padang. Tetapi yang jelas, Jokowi tidak berlebaran di kampung halaman pada tanggal 1 Syawal 1437 Hijriyah.

Sumber: Tempo.co/detik.com
​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...