Plengsengan Sungai Marmoyo di Kedungjati Jombang Ambrol, Warga Khawatir Merusak Jalan

Plengsengan Sungai Marmoyo di Kedungjati Jombang Ambrol, Warga Khawatir Merusak Jalan Kondisi plengsengan sungai Marmoyo di Dusun Kayen, Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh yang ambrol. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Plengsengan sepanjang kurang lebih 50 meter sungai Marmoyo di Dusun Kayen, Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh ambrol. Tak pelak bibir sungai tergerus hingga ke tepi jalan.

Pantauan Bangsaonline.com di lokasi, plengsengan tersebut dimungkinkan tidak kuat menahan dentuman air sungai saat pasang. Akibatnya, plengsengan itu protol sebagian, hingga terlihat tanah yang menganga karena tergerus air.

"Loh, itu sudah lama rusak kok mas. Lihat saja plengsengannya hancur," kata Tarno (42), warga setempat, Senin (16/1).

Sepengetahuan Tarno, plengsengan itu baru dibangun satu tahunan. Tapi ternyata sudah ambrol. "Awal-awal rusaknya kecil, tapi karena tidak diperbaiki, sekarang sudah semakin parah," bebernya.

Kini, kondisi plengsengan yang ambrol membuat warga khawatir akan merusak jalan. Pasalnya, bibir sungai terus tergerus. Sementara jalan di pinggir sungai menjadi akses utama warga. Termasuk siswa saat pulang dan pergi sekolah.

"Mintanya ya, cepat diperbaiki, kalau tidak permukaan jalannya akan semakin tergerus dan membahayakan pengguna jalan yang melintas," pungkas Tarno. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO