Liburan Raja Salman Diperpanjang, Pengamanan di Ketapang Ditambah

Liburan Raja Salman Diperpanjang, Pengamanan di Ketapang Ditambah

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pengamanan di Pelabuhan Ketapang dipastikan diperpanjang. Penambahan jadwal pengamanan ini, menyusul liburan rombongan di Bali yang bertambah sampai 12 Maret 2017 dari rencana semula hanya sampai 9 Maret.

Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto, juga turun memantau jalannya pengamanan di Pelabuhan ASDP Ketapang, kemarin malam.

Penambahan masa liburan rombongan Kerajaan Saudi membuat Polres Banyuwangi merapatkan barisan. Jumlah pasukan yang dikerahkan pun, ikut bertambah. Dua pleton Brimob Polda Jawa Timur dan penjinak bom diterjunkan.

“Kita ikut jadwal liburan di Bali. Jika diperpanjang, pengamanan di Ketapang akan diperpanjang, personel ditambah," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto disela memimpin pengamanan di Ketapang.

Menurut Kapolres, dua pleton Brimob dan sniper dikerahkan di Pelabuhan Ketapang mulai kemarin siang. Sasarannya mengawasi aktivitas kendaraan dan penumpang yang akan menyeberang ke Bali. Pengamanan pelabuhan Ketapang sejatinya sudah dilakukan setiap hari. Namun khusus kedatangan ke Bali, pengamanan dibuat lebih ketat. Termasuk, penambahan jumlah personel.

"Kalau liburan di Bali diperpanjang, otomatis pengamanan di Ketapang akan mengikuti," jelasnya didampingi Kabagops Kompol Sujarwo, Kasubaghumas AKP Bakin dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi AKP Sudarmaji.

Selain Brimob, pengamanan melibatkan personel Satpol PP untuk memeriksa KTP para penumpang yang akan ke Bali. Pelabuhan Ketapang mendapat atensi pengamanan lantaran salah satu objek vital nasional yang merupakan jalur masuk utama melalui darat ke Pulau Dewata.

Selama pengamanan, sasaran petugas mengawasi seluruh aktivitas pelabuhan terutama kendaraan yang akan menyeberang. Petugas memeriksa ketat satu per satu kendaraan di pintu masuk pelabuhan. Tak hanya mobil pribadi, kendaraan angkutan barang ikut diperiksa ketat.

"Sifatnya antisipasi. Semua kendaraan dan barang bawaan diperiksa sebelum masuk pelabuhan," jelasnya. Selain Ketapang, papar Kapolres, pengamanan ketat diberlakukan di 10 pelabuhan rakyat di Banyuwangi.

Pelabuhan ini dikenal sebagai jalur tikus ke Bali sehingga wajib mendapatkan pengamanan ketat. Khusus pelabuhan rakyat, pengamanan diserahkan ke masing-masing polsek dibantu Satpolair Polres. "Fokus pengamanan aktivitas nelayan yang bersinggungan dengan Bali. Kita punya 10 pelabuhan rakyat yang mengarah ke Bali," beber mantan Kapolres Malang tersebut. (bwi1/dur) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO