Difasilitasi DPRD Jombang, Polemik Pendirian Pabrik Air Minum Temui Titik Terang

Difasilitasi DPRD Jombang, Polemik Pendirian Pabrik Air Minum Temui Titik Terang

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Polemik pendirian pabrik air minum oleh PT. Tirta Investama (Danone Aqua) di Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten mulai menemukan titik terang. Dalam hearing antara investor, perangkat desa dan DPRD , akhirnya disepakati enam tuntutan warga desa Grobogan Kecamatan Mojowarno, Jumat (7/04/2017) sore.

Dalam keterangan dihadapan sejumlah anggota dewan, terungkap PT.Tirta Investama (Danone Aqua) telah melakukan survei studi kelayakan terkait dengan potensi alam termasuk sumber air yang ada di Kabupaten .

“Selain itu, pihak Danone juga telah melakukan kerjasama dengan BP3 Trowulan guna mengetahui titik-titik mana yang terdapat situs purbakala atau tidak,” terang Budi Hartono, Eksternal Relations PT.Tirta Investama.

Hasilnya, lokasi pendirian pabrik nantinya menurut Budi, merupakan daerah bebas dari situs sejarah. Tidak hanya itu, kualitas air di wilayah tersebut memliki kandungan air terbaik di antara beberapa daerah di .

“Hal tersebutlah yang menjadikan pihak kami tertarik untuk melakukan investasi di Desa Grobogan dengan membeli tanah seluas 5,8 hektar,” tambah Budi, Jumat.

Namun terjadinya kekisruhan antara PT. Tirta Investama dengan masyarakat desa Grobogan menjadi kendala tersendatnya pembangunan pabrik air minum dalam kemasan ini. “Kita mencoba mencari win-win solution agar antara investor dan masyarakat bisa berkeja sama guna kepentingan sendiri,” ujar Mas’ud Zuremi, Ketua Komisi C DPRD .

Melalui perdebatan yang alot antara perangkat desa Grobogan dan investor akhirnya bisa disepakati, enam poin yang harus dipenuhi investor. ke enam poin tersebut adalah :

1. Danone akan memberi bantuan pada Desa Grobogan melalui rekening Desa sebesar 260 juta setiap tahunnya

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO