Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada, Polres Pasuruan Gelar Safari 3 Pilar Plus

Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada, Polres Pasuruan Gelar Safari 3 Pilar Plus Polres Pasuruan mulai melakukan pengecekan dan asistensi kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Kegiatan ini dikemas dalam Safari 3 Pilar Plus di halaman Kantor Kecamatan Kejayaan, Kabupaten Pasuruan. Jum'at (4/5) pagi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com mulai melakukan pengecekan dan asistensi kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Kegiatan ini dikemas dalam Safari 3 Pilar Plus di halaman Kantor Kecamatan Kejayaan, Kabupaten Pasuruan, Jum'at (4/5) pagi.

Wakapolres Pasuruan Kompol Herlina mengatakan, asistensi ini meliputi empat item, ada man, money, methode dan material. Ia menjelaskan, man ini kaitannya dengan kesiapan personel dalam pengamanan pilkada. Money, kaiatannya dengan kesiapan anggaran yang sudah disiapkan Pemkab Pasuruan dalam pelaksanaan Pilkada

Untuk methode, kaitannya dengan asistensi metode apa yang akan digunakan dalam pengamanan pilkada. Sedangkan material, kaitannya dengan kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan pada pesta demokrasi atau pilkada nanti.

"Fungsinya, kami ingin memastikan bahwa semuanya sudah siap. Dari hal sampai kecil sudah siap dengan baik. Sekalipun nanti ada yang belum siap atau kurang tepat, bisa terdeteksi secara dini. Jadi, akan diperbaiki. Harapannya, Pilkada Pasuruan ini berjalan damai bersama Polri dan unsur 3 pilar plus," kata dia.

Tiga pilar plus ini, kata Herlina, terdiri dari TNI, Polri, Pemda, dan plusnya ini KPU dan Panwaslu. Ia menjelaskan, harapan lainnya dari safari ini, unsur tiga pilar plus bisa menguasai infornasi yang beredar di masyarakat. Dia mengharap bantuan toga, tomas dan toda untuk bersama-sama menjaga kondusifitas.

"Marilah bersama-sama mengantisipasi potensi kerawanan dalam Pilkada Kabupaten Pasuruan. Kami juga akan melaksanakan patroli cyber untuk melawan dan memberantas hoax yang berkaitan dengan pilkada, isu sara dan hate speech," tambahnya.

Mantan Wakapolres kota ini mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan unsur tiga pilar plus ini. Ia berharap kapolsek dan jajaran untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Forkopimka. 

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO