Meriahkan Hari Batik, Ibu-ibu Persit KCK Kodim 0801 dan Bhayangkari Polres Pacitan Belajar Membatik

Meriahkan Hari Batik, Ibu-ibu Persit KCK Kodim 0801 dan Bhayangkari Polres Pacitan Belajar Membatik Suasana saat latihan membatik di kerajinan batik Saji Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hari Batik Dharma Pertiwi yang jatuh Selasa (2/10) hari ini dimeriahkan dengan kegiatan membatik yang diikuti ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Kodim 0801 Pacitan, serta anggota Bhayangkari Polres Pacitan. Kegiatan membatik itu dipusatkan di kerajinan batik Saji, Desa Sukoharjo, Kecamatan Pacitan.

"Kegiatan membatik ini sebagai media mempererat kebhinekaan nusantara," ujar Wenda A. H. Lawitang, Ketua Persit KCK Cabang XV Kodim 0801/Pacitan.

Menurut Saji, pemilik kerajinan batik Saji, dalam membatik dibutuhkan teknik-teknik tersendiri. Terutama saat menorehkan canting ke kain mori. "Dalam membatik ada beberapa tahapan, di antaranya, pola, nyanting, mordanting, mewarna, dan pelepasan lilin," jelasnya.

"Lakukan saja dengan happy agar seluruh peserta mengerti proses membatik, sehingga kita dapat lebih menghargai batik kita sebagai warisan nusantara dari leluhur," imbuhnya.

Kegiatan membatik tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO