Perbaiki Pelayanan dan Wujudkan Gisa, Disdukcapil Gelar Bimtek untuk Petugas Operator SIAK

Perbaiki Pelayanan dan Wujudkan Gisa, Disdukcapil Gelar Bimtek untuk Petugas Operator SIAK Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Tuban, Edy Sucipto, saat mambuka bimtek.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Demi mengembangkan pelayanan administrasi kependudukan berbasis desa secara online dan mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Disdukcapil Tuban menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petugas operator Siak (OPSI) desa se-Kabupaten Tuban. Bimtek ini digelar selama tiga hari mulai 13-15 Novemberbertempat di Hotel Mahkota, Sugihwaras, Jenu.

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Tuban, Edy Sucipto mengatakan, bimtek ini dibagi tiga tahap atau gelombang. Para petugas akan diberikan pelatihan tata cara input data adminduk lewat aplikasi berbasis online yang dinamakan Jadek (jauh menjadi dekat). Melalui aplikasi ini, pelayanan adminduk bisa dilakukan dari desa melalui petugas opsi desa.

"Bimtek dimatangkan untuk menguasai aplikasi Jadek. Sebab, di aplikasi itu terdapat penambahan fitur dan beberapa konten. Aplikasi baru ini sebagai tambahan validasi data kependudukan. Harapannya, melalui pelayanan adminduk berbasis online ini, pemohon akan menjadi semakin dekat, cukup lewat desa. Kemudian, berkas pemohon akan diinput petugas opsi melalui aplikasi jadek ini. Selanjutnya, data tersebut ditranformasikan ke tingkat kabupaten (petugas opsi)," urainya.

Sementara Kepala Disdukcapil Tuban, Agus Priyono berharap, hadirnya Jadek dapat menjadikan pelayanan adminduk lebih singkat dan efisiensi waktu. "Percepatan pelayanan ini tentu perlu didukung oleh petugas opsi desa selaku ujung tombak pelayanan adminduk berbasis online ini. Sehingga, akan mewujudkan gerakan GISA di kabupaten," tutupnya. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO