Nama 19 Kata Bocah di Tuban, Ternyata Pemberian Sang Paman, ini Asal-usulnya

Nama 19 Kata Bocah di Tuban, Ternyata Pemberian Sang Paman, ini Asal-usulnya Bocah di Tuban yang memiliki nama 19 suku kata, Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta, saat bermain dengan ayahnya. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bocah 3 tahun dari Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, viral lantaran namanya sangat panjang. Terdiri dari 19 suku kata.

Balita tersebut menjadi perbincangan di jagat maya setelah orang tuanya, Arif Akbar (31) dan Suci Nur Aisiyah (28), menulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi, lantaran kesulitan mengurus akta kelahiran putranya.

Nama putra dari pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah itu: Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Usut punya usut, nama 19 kata itu ternyata pemberian dari pamannya, Murjoko Sahid. Ia memberikan nama kepada bocah yang biasa dipanggil Cordo itu berdasarkan kota-kota bersejarah saat Islam berkuasa di dunia.

"Nama itu dibuat berasal dari nama-nama kota bersejarah. Termasuk di Spanyol, Palestina dan Israel juga ada. Juga saat zaman Bani Umayah atau Islam Andalusia," ujarnya saat berbincang dengan BANGSAONLINE.com, Rabu (6/10).

"Selain kota-kota bersejarah pada masa nabi dan kholifah, nama itu juga diambil dari tokoh sejarawan," tuturnya menambahkan.

Murjoko berharap keponakannya tersebut segera mendapatkan akta kelahiran. Sebab menurutnya, tidak ada ketentuan hukum tentang larangan memberi nama yang panjang terhadap seorang anak.

"Jika keawaman kami dalam memberi nama anak adalah sebuah kesalahan, kami hanya minta surat tertulis sebagai bentuk pelayanan yang baik dari dinas terkait untuk kami jadikan acuan merubah nama. Insya Allah kami akan taat pada hukum," katanya.

Simak berita selengkapnya ...