Jelang Pilkada 2020, KPU Kabupaten Blitar Dapat Dana Hibah Rp 52,1 Miliar

Jelang Pilkada 2020, KPU Kabupaten Blitar Dapat Dana Hibah Rp 52,1 Miliar Bupati Blitar Rijanto dan Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso saat penandatanganan NPHD.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menerima dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar 2020 sebesar Rp 52.183.095.000,00. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ditandatangani Bupati Blitar Rijanto dan Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso, Selasa (1/10/2019).

Hadi Santoso mengatakan, sesuai peraturan menteri dalam negeri nomor 54 tahun 2019, NPHD dilakukan satu kali. Namun pencairan dana hibah akan dilakukan dalam beberapa tahap. Termasuk di tahun 2019 KPU akan menerima pencairan dana sebesar Rp. 550.000.000,00. Anggaran itu dicairkan sekaligus paling lambat 14 hari kerja setelah penandatanganan NPHD.

"Ada rasionalisasi dari pengajuan kita sebelumnya sebesar Rp 53,8 miliar. Untuk tahun 2019 ini dilakukan pencairan untuk sosialisasi dan tahapan calon perseorangan," ungkap Hadi Santoso.

Selain dengan KPU, Bupati Blitar juga menandatangani NPHD dengan Bawaslu Kabupaten Blitar. Bawaslu Kabupaten Blitar mendapat anggaran sebesar Rp 14.049.425.000 untuk pengawasan pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Dengan anggaran yang dihibahkan ke KPU dan Bawaslu ini, Bupati Blitar Rijanto berharap seluruh tahapan pilkada dapat berjalan efektif dan efisien. Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam setiap tahapan yang dilaksanakan oleh penyelenggara.

"Hari ini kami melakukan penandatanganan NPHD antara bupati dengan KPU dan bupati dengan Bawaslu. Dilanjutkan dengan deklarasi Pilkada yang aman, damai, dan bermartabat. Semoga masyarakat dapat berpartisipasi dalam semua tahapan yang dilaksanakan. Sehingga ke depan pemerintahan yang dihasilkan dari Pilkada ini menjadi pemerintanan yang mendapat legitimasi yang kuat dan amanah," pungkas Bupati Rijanto. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO