Kreatif, Pasutri di Tanggulangin Sidoarjo Ubah Sak Semen Jadi Tas Cantik

Kreatif, Pasutri di Tanggulangin Sidoarjo Ubah Sak Semen Jadi Tas Cantik Weny, pemilik usaha tas berbahan sak semen.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Berkat tangan terampil, sesuatu yang awalnya tidak berguna bisa diubah menjadi barang yang mempunyai nilai seni dan ekonomi. Seperti yang sudah dilakukan pasangan Sutyono (47) dan Weny Indrasari (47). Mereka menyulap kertas bekas kantong (sak) semen menjadi aneka tas dan dompet yang cantik.

Saat ditemui di rumahnya, Selasa (8/10), Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera (Perumtas) 2 Blok R, Weny terlihat membuat pola di atas kertas sak semen. Sedangkan sang suami, Sutyono sedang membersihkan sak semen yang baru saja diterima dari salah seorang pemasok.

"Usaha yang saya tekuni berawal dari ketidaksengajaan," ujar Weny.

Di saat merenovasi rumah, sang suami merasa 'eman' melihat tumpukan kertas sak semen terbuang begitu saja. Yono, panggilan akrab Sutyono, ingin memanfaatkan kertas sak semen yang tidak berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai. Setelah bertanya kepada tetangganya yang kebetulan seorang perajin tas kulit, pasangan ini memulai langkah membuat tas dan dompet berbahan dasar sak semen dengan merek R3 Viora.

Nama Viora berasal dari gabungan kedua anak mereka. Silvia, yang akrab dipanggil Vio dan Raditya yang biasa disapa Radit. Pembuatan dompet dan tas berbahan dasar kertas semen bertepatan dengan agenda Pemkab Sidoarjo di Desa Kalisampurno, Kecamatan Tanggulangin pada bulan Desember 2010.

Event tahunan ini salah satunya melombakan kreasi daur ulang sampah merupakan motivasi awal mereka. Tak disangka, produk daur ulang yang saat itu mereka pamerkan mendapat sambutan menggembirakan. Beberapa produknya terjual dan dipesan. Dan tak disangka pula mereka berhasil meraih juara lomba daur ulang.

Dari situlah, Yono dan Weny lebih bersemangat untuk mengembangkan usahanya. Berbagai pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dihelat di berbagai kota pernah diikutinya. Mereka menjual aneka tas berbahan kertas semen kreasinya antara Rp 5.000 sampai Rp 95 ribu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO