Peduli Kebakaran Gunung Ijen, Hotel di Banyuwangi Kirimkan 2 Koki ke Dapur Umum

Peduli Kebakaran Gunung Ijen, Hotel di Banyuwangi Kirimkan 2 Koki ke Dapur Umum Dandim Letkol (inf) Yuli Eko Purwanto bersama perwakilan paguyuban hotel Banyuwangi saat menyerahkan nasi kotak untuk tim Karhutla dan relawan.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Turut peduli dengan kebakaran hutan yang melanda kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, Kodim 0825 Banyuwangi bersama paguyuban hotel se-Kabupaten Banyuwangi bergerak peduli kebakaran hutan. Mereka mendirikan tenda logistik dapur umum di rest area Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Selasa (22/10) sore.

Rombongan dari Kodim 0825 dan paguyuban hotel juga menuju ke area kebakaran hutan Gunung Ijen. Para rombongan langsung disambut oleh petugas gabungan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terbagi dari tim aparat TNI dan Polri, BPBD Banyuwangi, Damkar, dan Satpol PP yang sedang bertugas memadamkan api yang melahap hutan di lereng Gunung Ijen.

Dalam kegiatan ini, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0825 Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto mengatakan kegiatan peduli kebakaran hutan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya kepada alam.

"Kami bersama tim gabungan dan para relawan selam tiga hari ini sudah siap siaga untuk mengatasi kebakaran hutan di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Ijen," katanya.

Hanya menurut Eko, kendala dalam mengatasi kebakaran ini adalah medan yang cukup sulit dan terjal. Di sini tidak ada sumber mata air.

"Makanya kami bersama tim gabungan mengambil air dari bawah yang jarak sangat jauh, lalu di bawah ke atas untuk memadamkan api yang masih menyala di area hutan. Tim TNI dari Kodim 0825 kami siagakan hampir 24 jam untuk mengawasi titik lokasi rawan kebakaran di kawasan hutan Gunung Ijen," tambahnya.

Ia juga menegaskan kalau ke depan kebakaran di kawasan ini semakin meluas, pihaknya meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk meminta bantuan water bombing ke BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Perwakilan paguyuban hotel Banyuwangi Pungky Kusuma mengatakan, pihaknya turut men-support logistik berupa makanan sampai bencana kebakaran hutan di kawasan Gunung Ijen teratasi.

"Paguyuban hotel Banyuwangi sudah sepakat kalau setiap harinya semua hotel di Banyuwangi diminta mendatang dua kokinya ke dapur umum bencana kebakaran yang ada di rest area tamansari," tandasnya. (gda/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO