Bakorwil Bojonegoro Gelar Festival Makanan Khas Daerah di Nganjuk

Bakorwil Bojonegoro Gelar Festival Makanan Khas Daerah di Nganjuk Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan Kepala Bakorwil Bojonegoro Abimanyu, didampingi Chef Agus sedang memperagakan masak lele krispi pedas. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro menggelar festival makanan khas daerah, di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Rabu (27/11). Festival ini juga melibatkan Bakorwil Kabupaten/Kota yaitu, Nganjuk, Tuban, Mojokerto, Lamongan, Gersik, Jombang, dan Bojonegoro.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat menyambut baik pelaksanaan festival makanan khas daerah, yang digagas para pengurus TP PKK dalam menyajikan inovasi makanan sehat khas daerah.

"Ini saya rasa penting, agar sajian makanan bervariasi dan murah tak mengurangi nilai gizi," kata Novi kepada BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, banyak sekali masakan maupun kuliner yang masih belum diketahui sehingga perlu digali karena Nganjuk memiliki berbagai macam makanan khas. "Saya ingin ada inovasi misal asem-asem kambing Ngluyu, diganti asem-asem ikan air tawar," harapnya.

Menurutnya, yang terpenting bagaimana menciptakan gaya hidup sehat dengan menyajikan makanan murah dan sehat, serta mengajak masyarakat agar gemar makan ikan.

"Saya berharap agar pada festival makanan khas daerah, para peserta bisa saling membagi resep masakan untuk kader TPKK hingga ke masyarakat," imbaunya.

Sementara Kepala Bakorwil Bojonegoro Abimanyu, menyampaikan bagaimana memasyarakatkan makanan daerah agar bermanfaat. "Saya ingin masyarakat tidak hanya ingin instan dan mengenal masakan siap saji saja. Tapi pentingnya mengetahui makanan khas untuk mengenal hidup sehat dengan mengontrol pola makan yang dikonsumsi. Intinya kegiatan ingin mencari potensi makanan khas daerah dan membiasakan masyarakat mengonsumsi menu yang sehat," kata Abimanyu. (bam/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Plt Bupati Marhaen Pimpin Pawai Alegoris dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO