Dua Tahun Tak Dapat Dana dari Pemkot Probolinggo, Gelaran Larung Sesaji Bumi Vakum

Dua Tahun Tak Dapat Dana dari Pemkot Probolinggo, Gelaran Larung Sesaji Bumi Vakum Guco, salah satu pegiat seni di Kota Probolinggo belakangan mulai mempertanyakan soal anggaran dana giat Larung Sesaji Bumi.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pegiat seni di Kota belakangan mulai mempertanyakan soal anggaran dana giat Larung Sesaji Bumi. Pasalnya, giat ritual itu selama dua tahun vakum.

"Sudah dua tahun ini giat itu vakum," ujar salah seorang pemilik kesenian reog, Guco kepada wartawan, Senin (2/12).

Dia mengatakan, dari tahun-tahun sebelumnya giat ritual tersebut, selalu diadakan dengan menggunakan dana bantuan dari Pemkot. "Nilainya Rp 40 juta," katanya.

Nanun sejak dua terakhir ini, giat ritual itu tidak pernah diadakan lagi. Diapun berharap, giat itu kembali hidup melalui sentuhan pemerintah. "Tidak tahu kenapa kok tidak ada dananya," imbuh pria itu.

Sekadar diketahui, giat ritual Larung Sejaji Bumi itu setiap tahun diadakan. Dengan melarung berbagai sesaji hasil bumi ke tengah perairan laut. Tujuannya, tanda bersyukur telah diberikan kenikmatan oleh Tuhan. Biasanya, ritual itu diadakan di setiap bulan suro kalender Jawa. (prb1/ndi/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO