5 Desa di Jombang Terancam Tenggelam Akibat Abrasi Tanggul Brantas

5 Desa di Jombang Terancam Tenggelam Akibat Abrasi Tanggul Brantas Kondisi tanggul sungai Brantas yang mengalami abrasi. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Lima desa yang ada di Kabupaten terancam tenggelam, lantaran tanggul sungai Brantas yang ada di Dusun Jatipandak, Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben mengalami abrasi dan amblas secara bertahap. Panjang tanggul yang kritis tersebut mencapai 16 meter.

Tak hanya itu, saat ini kondisi batu bronjong yang berfungsi penahan air juga mulai ambrol. Pondasi batu tersebut juga ambrol. Tiang beton sebagai kekuatan bronjong juga jebol. Jika hal itu dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan tanggul yang sudah menipis itu juga jebol.

Lima desa tersebut di antaranya, Desa Jatiduwur, Jatipandak, Podoroto, Pojokrejo, Wuluh, dan Desa Blimbing. Bahkan, dampaknya bisa sampai 14 desa.

“Jika sampai tanggul ini jebol, maka akan membahayakan bagi lingkungan sekitar. nantinya 7 ribu hektare lahan pertanian akan terendam. Kemudian, lima desa yang ada di sekitar tanggul juga akan terdampak. Karena di balik tanggul tersebut merupakan pemukiman padat penduduk,” ucap Burhanudin, dari Komisi Sumber Daya Air BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Brantas, Rabu (15/01/20).

Akibat kerusakan tanggul itu, tim dari BBWS dan Dinas PUPR melakukan pemantauan lokasi. Dengan mengendarai perahu, mereka menyisir tepian . Kepada wartawan, tim menunjukkan sejumlah titik tanggul yang kondisinya sudah kritis.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO