Pencegahan Corona, Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo Manfaatkan Sabun Tangan Buatan Sendiri

Pencegahan Corona, Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo Manfaatkan Sabun Tangan Buatan Sendiri HASIL KARYA: Siswa Al Muslim Sidoarjo sosialisasi produk pembersih tangan dan sabun cuci tangan, Jumat (6/3) lalu. foto ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Karya siswa SMA Al Muslim Waru Sidoarjo kini sangat bermanfaat seiring dengan upaya mencegah dan terhindar dari virus Corona.

Produk inovasi kesehatan itu hasil karya sejumlah siswa SMA Al Muslim yang tergabung di Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Nama produknya, pembersih tangan Hansalim (Hand Sanitizer SMA Al Muslim) dan sabun cuci tangan Handshoapim (Hand Shoap SMA Al Muslim).

"Karya siswa Al Muslim ini bakal diproduksi lebih banyak lagi karena permintaan hand sanitizer (pembersih tangan) dan hand shoap (sabun pembersih tangan) meningkat seiring pencegahan virus Corona," cetus Humas Al Muslim, Azam Afian Dinata, Senin, (9/3).

Dua produk kesehatan hasil karya siswa KIR SMA Al Muslim tersebut kini juga terus disosialisasikan di lingkungan civitas sekolah Al Muslim.

Tidak hanya sekedar dipamerkan, produk tersebut cara pembuatannya dipraktekkan dan digunakan oleh masing-masing kelas dan setiap ruangan di SMA Al Muslim.

Produk sebagai upaya mencegah virus Corona itu, diantaranya sempat dipamerkan saat SMA Al Muslim menggelar sosialisasi pencegahan virus Corona, bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair), Jumat (6/3) lalu.

Siswa kelas X IPA, Fikri yang juga anggota KIR, bercerita, ide pembuatan Hansalim dan Handshoapim tersebut berawal saat SMA Al Muslim menggelar acara berbagi makanan gratis di sejumlah rumah sakit di kawasan Kecamatan Waru.

"Saat itu kami melihat di sejumlah sudut ruangan rumah sakit ada Hand Sanitizer untuk membersihkan tangan. Dari situlah kelompok KIR lalu mencoba membuat Hand Sanitizer dan Hand Soap," beber Fikri.

Kepala SMA Al Muslim, Mahmudah menyatakan, penting untuk mencegah dan melindungi civitas Al Muslim melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari virus yang berbahaya tersebut.

Kata Mahmudah, penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan diri dari virus apapun terutama dengan pola hidup sehat. Maka dari itu, pola hidup sehat perlu ditanamkan sejak usia dini agar terbiasa dengan hidup sehat. (sta/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO