Senin, 18 Januari 2021 07:14

​Bupati Sumenep Bentuk Kampung Tangguh Semeru Cegah Penyebaran Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 19:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
​Bupati Sumenep Bentuk Kampung Tangguh Semeru Cegah Penyebaran Covid-19
Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim melakukan pembentukan Kampung Tangguh Semeru untuk menghadapi situasi pandemi Covid-19.

SUMENEP, BANGSAONLE.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep, membentuk Kampung Tangguh Semeru untuk mencegah percepatan dan penanganan penyebaran Covid-19. Selain itu, juga ingin membangkitkan gerakan gotong royong masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Sasaran dari pembentukan Kampung Tanggguh Semeru adalah kecamatan yang termasuk zona merah utamanya di desa yang sudah ada warga terkonfirmasi positif Covid-19, dan di desa yang banyak warga pendatang dari luar daerah,” terang Bupati Sumenep, Dr. K.H. A. Busyro Karim, M.Si., pada Peresmian Kampung Tangguh Semeru Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget, Kamis (28/5/2020).

Bupati dua periode ini mengatakan, tujuannya dibentuknya Kampung Tangguh Semeru agar desa bisa melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga, tidak menginfeksi warga di daerah lainnya.

“Dan hal itu sekaligus tangguh dalam menyelesaikan persoalan dampak wabah Covid-19 di masyarakat, seperti masalah pangan, kesehatan, ketahanan keamanan, atau sosial sampai pemakaman jenazah sesuai protokol,” terangnya.

Kampung Tangguh Semeru di Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget melibatkan partisipasi masyarakat desa setempat untuk bergotong royong melaksanakan kegiatannya.

Menurut Bupati Sumenep, Kepala Desa Marengan Laok ini melibatkan pemuda sebagai relawan yang menjalankan programnya. “Tugasnya adalah di antaranya bertugas melakukan pendataan ke dusun-dusun warga pendatang dan penguburan jenazah, sekaligus bersama petugas medis untuk pemeriksaan kesehatannya,” tandasnya.

Peresmian Kampung Tangguh Semeru ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Sumenep didampingi Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriyadi, S.I.K., M.I.K., serta Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna dan Kepala Desa Marengan Laok Dasuki Wahyudi.

Kapolres AKBP Deddy Supriyadi mengungkapkan bahwa pihaknya memprioritaskan pembentukan Kampung Tangguh Semeru di lima kecamatan yang termasuk zona merah, yakni Kecamatan Kota Sumenep, Kalianget, Saronggi, Rubaru, dan Kecamatan Talango.

Kapolres menuturkan, sampai saat ini, pembentukannya baru dilakukan di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Kota di Perumahan Satelit dan Kecamatan Kalianget di Desa Marengan Laok, sedangkan kecamatan lainnya menyusul dalam waktu dekat ini.

“Pastinya kami ingin pembentukan Kampung Tangguh Semeru tidak hanya fokus di lima kecamatan zona merah saja, tetapi seluruh kecamatan di Kabupaten Sumenep, juga membentuk Kampung Tangguh Semeru untuk mengajak masyarakat bergotong royong mencegah penyebaran dan penanganan dampak Covid-19,” jelasnya.

Kapolres mengaku, pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait dalam rangka membantu relawan Kampung Tangguh Semeru untuk menjalankan tugasnya. Di antaranya, relawan bidang kesehatan untuk penguburan jenazah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sumenep, RSUD dr. H. Moh. Anwar, dan Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep agar memberikan pelatihan tentang pemulasaran atau pemandian dan penguburan jenazah Covid-19.

"Nantinya, para relawan melalui pelatihan itu bisa menangani sendiri apabila ada warga yang meninggal karena Covid-19 di desanya, mulai dari pemulasaran sampai penguburannya," pungkasnya. (aln/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...