Jumat, 07 Agustus 2020 23:15

​Berani Blak-blakan, Kampung Tangguh Desa Gelang Sidoarjo Diapresiasi Kajari

Kamis, 02 Juli 2020 17:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Berani Blak-blakan, Kampung Tangguh Desa Gelang Sidoarjo Diapresiasi Kajari
Wabup bersama Kajari Sidoarjo serta Forkopimda lainnya sedang melakukan pemotongan pita tanda peresmian kampung tangguh.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Desa Gelang, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo menjadi satu-satunya kampung tangguh di Kota Delta yang berani blak-blakan terkait anggaran desa maupun bantuan dari pihak lain.

Bahkan, desa yang kini menjadi binaan kampung tangguh Kejari Sidoarjo itu berani blak-blakan terkait anggaran pandemi Covid-19 yang diterima dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten.

Semua anggaran terpampang secara rinci di banner kantor desa setempat, baik anggaran yang diperoleh hingga penggunaan. Masyarakat setempat bahkan warga lain bisa melihat langsung transparansi anggaran tersebut.

Kajari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono mengapresiasi transparansi penggunaan anggaran yang dilakukan kampung tangguh binaannya itu. Sebab, lanjut dia, dengan begitu masyarakat bisa langsung melihat anggaran apa saja yang digunakan dan ikut mengawasi.

Bahkan, juga bisa ikut memberikan masukan kepada desa yang tujuannya untuk kemajuan dan kemakmuran warga desa setempat. Misalnya, sebut dia, soal pembangunan maupun kemajuan ekonomi UMKM yang ada di desa sini.

"Kalau perlu didorong menggunakan anggaran desa ya dilakukan. Karena anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat maupun daerah untuk desa itu bertujuan menjngkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya ketika me-launching kampung tangguh binaannya itu dengan didampingi pejabat struktural adhyaksa, Kamis (2/7/2020).

Mantan Aspidum Kejati Banten itu berharap, pemerintah desa lain juga bisa meniru ataupun mencontoh transparansi semua anggaran, termasuk bantuan pandemi Covid-19 di kampung tangguh binaannya itu.

"Saya harap ini bisa ditiru maupun dicontoh desa lain di Kabupaten Sidoarjo," harapnya pada acara yang dihadiri Plt Bupati Nur Ahmad Syaifuddin, Dandim 0816 Letkol Inf M Iswan Nusi, Ketua PN Mohammad Muchlis, Kapolresta dan tamu dari desa lainnya itu.

Selain itu, Budi juga mengaku siap membantu bagi desa yang ragu-ragu menggunakan anggaran untuk berkonsultasi kepada Kejari Sidoarjo. "Lewat WhatsApps (WA) bisa atau datang langsung ke kantor. Kami siap untuk membantu," pungkasnya.(cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...