Pandemi Covid-19, Stok Sapi Kurban di Kota Kediri Alami Penurunan

Pandemi Covid-19, Stok Sapi Kurban di Kota Kediri Alami Penurunan Samiran, pemilik sentra hewan kurban di Kota Kediri saat mengecek sapi untuk kurban. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 ternyata juga berdampak kepada penjualan sapi untuk kebutuhan kurban di Kediri. Dampaknya adalah penjualan sapi kurban mengalami penurunan, salah satunya terlihat di sentra penjualan hewan kurban Jalan Campurejo Gang III, Kota Kediri.

Samiran, pemilik sentra hewan kurban di Kota Kediri menjelaskan bahwa persediaan sapi kurban miliknya untuk persiapan Iduladha 2020, berkurang. Jika biasanya menyediakan atau terjual habis sekitar 50-60 ekor sapi, tetapi pada Iduladha tahun ini dirinya hanya mempersiapkan 30-40 ekor.

"Namun demikian, Alhamdulillah masih ada pembeli yang pesan sapi kurban. Secara total, ada 8 ekor yang sudah siap kirim," kata Samiran, Selasa (7/7/2020).

Samiran menambahkan, sampai sekarang mayoritas pembelinya, berasal dari dalam Kota Kediri dan Kabupaten Kediri. Bahkan, untuk menarik minat konsumen, pihaknya tidak menarik ongkos khusus untuk biaya pengiriman hewan ternaknya ke rumah pembeli.

"Soal harga sapi kurban, saat ini stabil di angka Rp 20 juta hingga Rp 35 juta per ekor. Harganya sekarang saat pandemi Covid-19, tetap, tidak naik ya tidak turun, termasuk harga kambing kurban, sekarang berkisar Rp 2 jutaan sampai Rp 4 jutaan per ekor," tambahnya.

Dari pengalamannya berbisnis hewan kurban selama 30 tahun terakhir, Samiran menjamin semua sapi kurban yang disiapkan jelang Iduladha tahun ini dalam kondisi sehat.

"Semua hewan kurban di sini dijamin kesehatannya, ada petugas yang datang untuk memeriksa satu per satu. Tak hanya sapi kurban, kambing pun juga diperiksa kesehatannya," pungkas Samiran. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO