Puluhan Warga Mojorejo Tolak Rapid Test, Gugus Tugas Covid-19 Siapkan Edukasi

Puluhan Warga Mojorejo Tolak Rapid Test, Gugus Tugas Covid-19 Siapkan Edukasi Suasana rapid test dan swab test di Desa Mojorejo.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga RW 06 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, menolak di-rapid test dan di-swab oleh Gugus Tugas Covid-19. Meski ada penolakan dari sebagian warga, Pemerintah tidak tinggal diam. Pemkot Batu menyiapkan edukasi kepada warga, tentang arti pentingnya rapid test dan swab test.

Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana mengatakan dengan adanya warga yang tidak hadir saat diundang rapid test, Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Junrejo, Pemerintah Desa Mojorejo, dan Puskesmas akan melakukan edukasi dan pemahaman kepada warga.

“Karena tidak datang, bisa juga alasan karena tidak mengerti dan memahami pentingnya dan kegunaan rapid test dan swab. Kita siapkan solusi, yaitu memberikan pendidikan dan pemahaman pada mereka, akan kita undang ulang,” jelas Camat Junrejo ini.

Arief mengungkapkan, swab test massal di Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo dilakukan karena berdasarkan penelusuran (tracking), ditemukan beberapa kasus positif Covid-19. Di Desa Mojorejo yang terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 11 orang, sembuh 2 orang, dan meninggal 2 orang.

Menurutnya, kegiatan tes massal ini adalah bagian dari fase adaptasi kebiasaan baru (AKB), di mana setelah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL), Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Junrejo fokus melakukan penelusuran di wilayah yang lebih kecil yang berisiko menjadi tempat penyebaran Covid-19.

"Jadi setelah PSBL, kewaspadaan kita tidak turun, malah dinaikkan. Dan ini untuk memastikan, kita memutuskan untuk menggelar swab test massal agar jika terdapat kasus positif tambahan dapat segera langsung ditangani,” kata Arief.

Pelaksanaan swab test akan dilakukan selama satu hari. Hasilnya sendiri akan diketahui dengan cepat, karena saat ini kapasitas pemeriksaan swab atau rapid test di Desa Mojorejo telah mencapai 253 per hari, pada Kamis (9/7).

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO